3:11 pm - Minggu November 25, 3827

Pemerintah Belum Restui Daerah Perbatasan Impor Gula Sendiri

262 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Pemerintah belum memberikan kepastian daerah perbatasan mana saja yang dapat perizinan khusus importasi komoditas gula.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurthi mengakui jika sudah ada beberapa kepala daerah yang mengajukan izin importasi gula.
“Sudah ada permohonan dari beberapa gubernur dari daerah perbatasan. Tapi tahun ini belum kita keluarkan izinnya,” kata Bayu di sela-sela puncak acara Hari Konsumen Nasional, di Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Single content advertisement top

Menurut Bayu, perlakuan khusus importasi bagi daerah perbatasan sudah diberikan sejak 7-8 tahun silam. Terdapat 2 daerah perbatasan yang selalu mengajukan izin, yakni Aceh dan Kepulauan Riau.

“Aceh itu sudah lebih dulu daripada Kalimantan. Aceh dan Kepri selalu ajukan. Sejak 7-8 tahun selalu kita kasih izin,” tutur dia.

Bayu mengatakan, pengkajian perihal pihak yang berhak mendapatkan izin impor masih terus berlangsung. Hal ini bisa dilakukan badan usaha milik daerah (BUMD) atau perusahaan swasta. Harapannya, masih ada pengusaha dalam negeri yang bisa memenuhi kebutuhan gula masyakat di perbatasan.

“Kalau ada pengusaha dalam negeri yang bisa kirim ke sana dengan harga yang bersaing kita akan sambut baik. Jadi, impor hanya kita lakukan kalau pasokan gula dari lokal ke daerah itu nggak terpenuhi,” ungkap Bayu.

Dia mengakui, selama ini ada beberapa daerah yang secara tradisonal selalu mendapatkan izin impor khusus karena tidak memungkinkan memperoleh pasokan dari dalam negeri.

Daerah perbatasan tersebut yakni Kalimantan, Aceh, Kepulauan Riau, Sulawesi, dan Maluku.

Sumber: liputan6.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

SBY: Harga BBM Naik Kalau Ada Dana Kompensasi

‘Rating Investasi Indonesia Turun, Investor Berpeluang Kabur’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply