7:26 am - Selasa November 21, 2017

Pemerintah Akan Bangun Pasar Murah Material di Tanah Gayo

341 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Direktur Industri Kecil dan Menengah, Kementrian Perindustrian Roy Sianipar mengatakan, pemerintah pusat melalui kementrian perindustrian pada September mendatang berencana akan membangun pasar murah material di lokasi bencana yakni di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

“Pasar murah material ini dimaksudkan untuk membantu pemulihan dan rehabilitasi kedua wilayah tersebut pasca gempa,” katanya kepada Waspada Online, Rabu (31/7)

Ia menjelaskan, secara prinsip pihaknya dengan beberapa perusahaan baik swasta dan BUMN dari industri logam dasar dan juga beberapa perusahaan semen sudah menyatakan kesediannya membantu pelaksanaan pasar murah ini.

“Nantinya harga material bangunan yang dijual untuk kebutuhan rehab rekon di Aceh Tengah dan Bener Meriah adalah harga pabrik,” ujarnya.

Diterangkannya, beberapa perusahaan produsen besi, semen, seng dan baja sudah menyatkan kesediaanya, namun kendala saat ini adalah proses distribusi dan tanggungjawab di Medan ke lokasi bencana.

Single content advertisement top

“Harga material pabrik yang ditetapkan itu dengan posisi lokasi material bangunannya di Medan, nah untuk saat ini yang sedang dibicarakan adalah mekanisme tanggungjawab dan distribusi dari Medan ke lokasi bencana,” terangnya.

Ia melanjutkan, pihak kementrian berharap adanya partisipasi Pemerintah Aceh ataupun Pemerintah Daerah untuk mobilisasi material dari Medan ke lokasi, dan juga sekaligus sebagai penanggungjawab untuk distribusi ke masyarakat korban.

“Kendala yang saat ini sedang kita carikan solusi adalah transportasi Medan ke lokasi bencana, dan siapa penanggungjawab distribusi di lokasi kepada masyarakat korban nantinya,” paparnya.

Pada prinsipnya, tukas Roy, BUMN dan pihak swasta khususnya produsen industri logam, dan semen siap menyukseskan proses rehabilitasn dan rekontruksi Aceh Tengah dan Bener Meriah.

“Harapannya upaya ini dapat mempercepat rehab dan rekon dan disana,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Safwan menambahkan inisiatif pemerintah pusat melalui Kementrian Perindusrian ini sangat efektif membantu percepatan rehabilitasi di lokasi bencana.

“Ini sangat membantu, dan kita sedang mendiskusikan mengenai siapa nantinya yang bertanggungjawab dalam hal distribusi dari Medan dan juga di lokasi bencana kepada masyarakat korban,” katanya. (WOL)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Survei: Hari Tua, Keluarga Lebih Penting dari Uang

Asing Dominasi Migas, Indonesia Hanya Kebagian 17 Persen

Related posts
Your comment?
Leave a Reply