11:20 am - Jumat September 22, 2017

Pemerintah Aceh Kaji Jalur KA Krueng Geukeuh-Bener Meriah

283 Viewed Redaksi 0 respond
Pemerintah Aceh Sedang Mengkaji dibukanya Jalur KA Krueng Geukeuh Aceh Utara--Bener Meriah (image: panoramio.com)

Banda Aceh–Pemerintah Aceh saat ini tengah mengkaji penggunaan sistem transportasi massal yakni kereta api dari Kabupaten Bener Meriah ke Krueng Geukeuh di Aceh Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Iformasi dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh Rizal Aswandi menerangkan, kajian ini sangat penting agar adanya solusi yang efektif dan murah untuk mengangkut berbagai hasil sumber daya alam dan pertanian di kedua daerah tersebut untuk di ekspor.

Single content advertisement top

Ia menjelaskan, jalur kereta api yang nantinya akan digunakan adalah merupakan jalur jalan darat lama yang sebelumnya sudah pernah ada, yakni jalur dari Bener Meriah menuju Simpang KKA dan Krueng Geukueh. “Jika kajian ini tuntas, maka akan segera kita susun perencanaan untuk pembangunan rel kereta apinya,” paparnya, seperti dilansir waspada online, Selasa kemarin.

Selain itu juga, tambahnya, pihak Dishub dan Kementrian Perhubungan akan memulai pembangunan perluasan landasan pacu Bandara Rembele di Bener Meriah dari 800 meter menjadi 1.450 meter, dan ditargetkan pada 2015 akan selesai.

“Dengan telah panjangnya landasan pacu bandara, maka jenis pesawat berbadan sedang dengan kapasitas seat 60 penumpang dapat mendarat di kabupaten ini,” ungkapnya.

Pemerintah pusat sendiri, sambungnya, telah mengganggarkan dana sekurangnya Rp250 miliar untuk pembangunan penambahan landasan pacu tersebut. “kita berharap ini cepat tuntas, sehingga kargo pesawat juga dapat segera berfungsi untuk mengangkut sayur mayur dan buah-buah dari wilayah ini ke berbabagai daerah lain,” sebutnya. (wol/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Organda Aceh Siapkan 4.500 Unit Bus Mudik Lebaran 1435 H

Keluyuran Hingga Larut Malam, 7 Wanita Muda Diciduk WH

Related posts
Your comment?
Leave a Reply