3:03 pm - Rabu Agustus 22, 0942

Pemerintah Aceh Diminta Garab Film Tentang Hasan Tiro

414 Viewed Redaksi 0 respond
Tgk Hasan Tiro (foto: blogspot)

Banda Aceh–Pemerintah Aceh diminta menggarap film layar lebar berlatar belakang tentang semangat almarhum Hasan Muhammad di Tiro (Hasan Tiro), dalam belajar dan loyalitas kepada masyarakat Aceh.

Ketua Institut Peradaban Aceh (IPA) Haekal Afifa menilai, film yang mengisahkan proklamator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu bisa dijadikan sebagai inspirasi kepada generasi muda untuk terus belajar, bekerja dan membangun kemakmuran rakyat.

“Pengalaman saya berdiskusi tentang Hasan Tiro, ternyata mahasiswa atau masyarakat tidak paham bahwa Hasan Tiro adalah seorang intelektual dengan gelar akademik Ph.D yang diraihnya di Amerika Serikat. Bahkan Hasan Tiro itu sosok sutradara drama alias seniman,“ ujar Haekal di Banda Aceh, seperti dilansir okezone, Senin (30/11).

Menurutnya, melalui film layar lebar masyarakat dapat memahami spirit Hasan Tiro secara audio visual. Sebab disadari, untuk membaca buku biografi Hasan Tiro atau buku-buku pemikirannya butuh waktu berhari-hari. Apalagi buku karangan Hasan Tiro masih sulit didapat di Tanah Air, karena pernah dicekal pemerintah orde baru.

“Kita yang nonton film layar lebar Tjoet Njak Dhien yang diputar pada akhir 1980-an hingga kini ungkapan Tjoet Njak Dhien atau Teuku Umar dan lain-lain masih membekas. Gambar lebih gampang dinikmati dan disimpan memori dari pada membaca,” sebutnya.

Single content advertisement top

Agar sejarah penting tentang Hasan Tiro dan pemikirannya tidak hilang dari kenangan warga, Haekal menilai, kehadiran film layar lebar dari sisi daya juang untuk kemakmuran rakyat Aceh layak diangkat ke layar lebar.

Menurutnya secara bisnis film biografi Hasan Tiro bisa menarik minat penonton, karena publik pasti ingin tahu tentang sisi orang paling dicari-cari Pemerintah Orde Baru tersebut.

Haekal yang juga penerjemah buku karya Hasan Tiro berjudul “Atjeh di Mata Donja” mengatakan, selain film layar lebar pemerintah juga bisa membuat film dokumenter yang berkaitan dengan karya-karya pemikiran Hasan Tiro.

“Dari aspek intelektual, tidak berlebihan masyarakat mengikut kegigihan Hasan Tiro yang cerdas karena rajin belajar. Selain itu, dia mahir tujuh Bahasa asing seperti Arab, Belanda, Perancis, Swedia, Inggris dan lain-lain,” sebutnya. (okz/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Wooow, Lukisan Pablo Picasso Terjual Rp 2,3 Triliun

Related posts
Your comment?
Leave a Reply