10:17 am - Kamis September 21, 2017

Pemerintah Aceh Diminta Perhatikan Anggaran Dayah dan Mesjid

384 Viewed Redaksi 0 respond
Dayah di Aceh (ilustrasi: wikipedia)

Jakarta – Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana (IMPAS) Aceh – Jakarta. Mendesak Gubernur dan DPR Aceh mempertahankan anggaran untuk Dayah, Mesjid dan Menasah yang bersumber dari APBA yang sedang dievaluasi oleh Tim Evaluator APBD Kemendagri dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRA bersama Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA).

Menilik sejarah, Aceh memiki keistimewaan dalam Pendidikan, Agama dan Adat. Jadi, punya landasan hukum kuat untuk mempertahankan alokasi anggaran bersumber dari APBA dan APBK. Tim Banggar DPRA bersama TAPA harus bekerja maksimal dalam meyakinkan tim evaluator APBD Kemendagri agar alokasi anggaran berbasis daerah keistimewaan dapat dipertahankan.

Proses pengusulan anggaran dayah sudah diajukan melalui mekanisme dan prosedur yang tepat, dan sesuai RPJM Aceh untuk peningkatan pendidikan dayah, sarana dan prasarana, pemberdayaan santri, peningkatan manajemen dayah, peningkatan mutu pendidikan dayah, serta penelitian dan pengembangan dayah.

Sekjen IMPAS, Muntasir Ramli, Jumat (13/2) menyebutkan apabila anggaran tersebut dihapus atau diberi tanda bintang, tentu sangat menciderai rasa keadilan. Apalagi masih banyak dayah di Aceh belum tersentuh bantuan pemerintah, terutama dayah-dayah salafi di daerah pedalaman. Alokasi anggaran untuk dayah selama ini masih sangat minim dan diskriminatif dibandingkan alokasi anggaran pendidikan formal.

Single content advertisement top

Padahal Dayah sejak zaman penjajahan sudah dijadikan tonggak penegakan syiar islam dan benteng pertahanan mengusir penjajahan di Aceh, yang kemudian aceh menjadi daerah modal dalam membidani lahirnya republik indonesia. “Jadi sangat keliru, apabila pemerintah pusat merkerdilkan pendidikan dayah, mengingat peran dayah sangat strategis dalam mencetak para intelektual untuk kemajuan bangsa dan negara.

Pemerintah Aceh dan Pusat perlu mempelajari kembali sejarah, tentang peran dan kontribusi dayah dalam mendirikan republik ini agar konsisten mencari alternatif pendanaan yang cukup dan penyediaan infrastruktur yang memadai sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antara pendidikan dayah dengan pendidikan formal. (impas/mr)

Redaltur: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

DPRA: Aceh Darurat Akidah

Korban Tsunami Aceh Siap Kembalikan 13 Trilyun Bantuan Australia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply