3:11 pm - Selasa November 22, 7261

PECAPP: Aceh Masih Kekurangan Dokter

241 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Rasio dokter di Provinsi Aceh masih berada di bawah target nasional yakni satu berbanding 4.000 penduduk, sementara target nasional satu berbanding 2.500 penduduk.

“Meskipun sarana kesehatan di Aceh sudah baik, namun masih membutuhkan banyak dokter karena masih termasuk dalam kategori dibawah target nasional yakni satu berbanding 2.500,” kata Peneliti Public Expenditure Analysis and Capacity Strengthening Program (PECAPP), Rachmad Suhanda di Banda Aceh, Selasa (25/06).

Hal itu dikemukakan pada diskusi terbatas Analisis Belanja Kesehatan Aceh di Gedung CHSM Fakultas kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang diikuti kalangan akademisi, perwakilan dinas kesehatan dan mahasiswa.

Single content advertisement top

Menurut Rachmad, data tersebut berdasarkan penelitian dan analisis data tahun 2011 – 2012 yang dilakukan oleh PECAPP. Jumlah total dokter di Aceh sekitar 1.200 orang jadi masih kekurangan sekitar 600 lebih orang.

Kekurangan dokter yang paling banyak adalah di Kota Subulussalam dan Kabupaten Simeulue dengan rasio satu berbanding 7.000 penduduk. Sementara di Kota Banda Aceh, rasionya 1:2.000 penduduk, sudah melebihi target nasional.

PECAPP juga menganalisis kebutuhan Puskesmas di Aceh yang terdata sebanyak 330 unit pada 2012.

“Jumlah Puskesmas di Aceh pada 2012 itu sudah sangat mencukupi kalau dilihat dari rasionya satu berbanding 14.000 penduduk, sementara target nasional hanya 1:30.000 penduduk dan yang masih dibutuhkan yakni Poskesdes atau polindes agar dapat memberikan akses mudah bagi warga desa,” katanya.

PECAPP merekomendasikan kepada Pemerintah Aceh agar memprioritaskan pendidik calon dokter dari daerah yang minim tenaga profesional dibidang kesehatan itu dan melakukan distribusi tenaga kesehatan secara merata.

Fakultas Kedokteran Unsyiah juga diharapkan mampu melahirkan tenaga dokter yang berkualitas untuk menutupi kekurangan tersebut.  PECAPP juga menilai Pemerintah Provinsi Aceh memiliki kesempatan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat terutama ditinjau dari dana yang dimiliki.

Sesuai data 2012 total anggaran Provinsi Aceh di sektor kesehatan mencapai Rp2,2 triliun. “Penduduk Aceh sekitar 5 juta jiwa dengan anggaran itu tentu memiliki belanja perkapita kesehatan tertinggi ke-4 di Indonesia yakni sebesar Rp.495 ribu dan rata-rata Indonesia hanya Rp236 ribu,” kata Rachmad Suhanda. (ANT)

Editor: @redaksi

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Jupiter Z Seruduk Astrea di Perapatan Kreung Geukeuh

Pelabuhan Krueng Geukeuh Sejajar Dengan Tanjung Priuk Jakarta

Related posts
Your comment?
Leave a Reply