8:35 pm - Senin November 20, 2017

Pare dan Manfaat Bagi Kesehatan

382 Viewed Redaksi 0 respond
Oleh: Muhammad Faizal, SKM*

MENURUT Wikipedia, pare merupakan sejenis tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan buahnya bergerigi.

Tanaman pare yang tumbuh subur pada daerah dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar ditanah terlantar, tegalan, ditanam dipekarangan rumah atau dapat juga dibudidayakan. Buahnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal berbentuk jantung dan berwarna hijau tua.

Single content advertisement top

Buah pare memiliki rasa yang pahit oleh karenanya sangat sedikit orang yang suka untuk mengkonsumsi buah pare ini. Buah pare mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis, dan mampu memberi khasiat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman pare bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:

  1. Buahnya yang mengandung Albiminoid, karbohidrat dan zat warna Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam buah pare. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit.
  2. Sebagai penangkal sel kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan zat lesichin dikandung pare, dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanker. Selain itu, bagi yang bukan penderita kanker juga bisa dikonsumsi pare untuk mencegah serangan kanker.
  3. Selain sebagai makanan, pare juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Kadar kalsium didalam  buah pare  tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pancreas untuk menghasilkan insulin. Di Amerika, kapsul berisi bubuk biji pare sudah lazim dipasarkan, untuk menahan laju perkembangan  virus HIV-AIDS.
  4. Pare juga kaya serat, untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel.
  5. Pare yang masih muda dapat digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun pare juga tidak kalah penting dengan buahnya. Diantara manfaat daun pare; dapat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi, mengobati bisul, dan bermanfaat juga untuk membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan. Selain itu, akar pare juga berkasiat untuk mengobati disentri amuba dan wasir. Sementara biji pare sendiri, merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini. [berbagai sumber]

*Penulis adalah pegawai  bagi Nutrisi dan Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe

Editor:  Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Larangan Jilbab: Dunia Pendidikan Bali Lempar Bola Panas

Persepsi Cinta Kaum Muda Yang Rancu

Related posts
Your comment?
Leave a Reply