12:30 pm - Rabu November 22, 2017

Para Duta Besar Negara Sahabat Hadiri 10 Tahun Refleksi Tsunami

427 Viewed Redaksi 0 respond
Museum Tsunami Aceh (ilustrasi: forum.jalan2.com)

Banda Aceh–Sedikitnya 35 utusan negara sahabat, yakni setingkat duta besar dan sebanyak 34 lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional dipastikan menghadiri refleksi 10 tahun bencana tsunami yang melanda Aceh, 26 Desember 2004.

“Sejauh ini, kami sudah menerima konfirmasi kesediaan 35 perwakilan negara dan 34 lembaga internasional akan hadir pada refleksi 10 tahun tsunami,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Muhammad Reza Pahlevi di Banda Aceh,seperti diberitakan antara,  hari ini.

Dijelaskan, berbagai agenda dan pergelaran budaya telah disiapkan dalam rangka refleksi 10 tahun mengenang bencana tsunami  yang telah menyebabkan lebih 200 ribu jiwa penduduk Aceh hilang dan meninggal dunia.

Single content advertisement top

Kehadiran para tamu dari mancanegara itu sebagai bentuk “terima kasih Aceh” kepada mereka yang pernah membantu Aceh pascatsunami hingga masa rehabilitasi dan rekonstruksi, kata dia menambahkan.

Menuurut Reza, empat kegiatan penting yang telah disiapkan panitia untuk mengenang 10 tahun tsunami yang menerjang pesisir pantai sejumlah kabupaten dan kota di Aceh pada 26 Desember 2004.

Kegiatan itu antara lain, doa bersama, lomba foto, edukasi bencana dan kajian terhadap tsunami dalam bentuk konferensi internasional, selanjutnya ekspo kebencanaan.

“Tujuan dari ekspo kebencanaan itu untuk menyampaikan pesan-pesan kepada generasi mendatang agar mereka bias mengingat kembali peristiwa memilukan itu. Itu penting agar generasi muda mengetahui dan dapat melakukan langkah-langkah meminimalisir jika terjadi bencana,” kata dia menjelaskan.

Reza menjelaskan, momen renungan 10 tahun tsunami juga akan dijadikan ajang untuk mempromosikan pariwisata Aceh kepada dunia luar, terutama masyarakat nasional.

“Kita juga berharap agar renungan 10 tahun tsunami ini menjadi ‘pintu masuk’ untuk mempromosikan bahwa Aceh sudah aman dan sedang membangun, dan wisatawan dapat menjadikan Aceh sebagai daerah tujuan wisatanya,” kata dia menambahkan. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Camat Teupah Barat: Tak Benar Susi Beli Pulau Sevelak

Pemerintah Aceh Fasilitasi Pemulangan TKI Dari Malaysia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply