10:37 pm - Senin November 20, 2017

Pakar Gizi: Puasa Baik Untuk Penderita Diabetes

316 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta—Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, dr Tirta Purwita Sari mengatakan, puasa baik untuk penderita diabetes. Sebab, puasa akan meningkatkan sensitifitas hormon insulin.

“Hormon insulin itu yang bekerja untuk metabolisme karbohidrat. Kalau itu tidak ada, maka gula darah akan tinggi dan tidak terkontrol,” kata dr Tirta di Jakarta, Jumat (19/7).

Namun, tidak semua penderita diabetes dianjurkan untuk berpuasa. Sebab, hanya penderita yang gula darahnya terkontrol dan tidak ketergantungan suntik insulin atau obat tertentu yang diperkenankan untuk berpuasa.

“Tergantung situasi dan kondisinya. Kalau diabetesnya parah sampai harus suntik insulin tiga kali sehari, dia tidak bisa puasa, karena akan berbahaya, tapi kalau gula darahnya terkontrol itu bisa puasa,” katanya.

Menurut Tirta, penderita diabetes yang tidak terkontrol adalah penderita yang diharuskan minum obat atau suntik insulin tiga kali. Tetapi, jika orang tersebut ingin berpuasa, Tirta menganjurkan agar dikonsultasikan dengan dokter, terkait kondisi dan pengaturan minum obat atau suntik insulinnya.

Single content advertisement top

Tirta mengimbau kepada para penderita diabetes yang berpuasa, tidak mengonsumsi karbohirat secara berlebihan pada saat sahur dan berbuka puasa. “Jadi 55 persen dari makanan yang dimakan itu harus berbentuk karbohidrat, dan sisanya kombinasi antara protein, lemak dan sayuran,” ujarnya.

Dengan gula darah yang terkontrol dan berupaya mengonsumsi makanan yang seimbang, tuturnya, maka puasa akan baik dijalankan oleh penderita diabetes. (ANT)

Editor: SNA

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Riset: Obesitas Memicu Pengeroposan Tulang

Ini Untungnya Selalu Berpikir Positif

Related posts
Your comment?
Leave a Reply