12:23 pm - Rabu November 22, 2017

Organda Aceh Siapkan 4.500 Unit Bus Mudik Lebaran 1435 H

359 Viewed Redaksi 0 respond

Terminal Bus Batoh, Banda Aceh (kaskus)

Banda Aceh–Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh menyiapkan sekitar 4.500 unit bus angkutan mudik Idul Fitri 1435 Hijriah.

“Kami sudah siapkan kurang lebih 4.500 unit bus, baik berbadan besar maupun sedang dan kecil untuk arus mudik lebaran tahun ini,” kata Ketua Organda Aceh H Ramli di Banda Aceh, seperti dilansir antaraaceh.com, Jumat (04/7).

Menurut dia, 4.500 armada angkutan tersebut terdiri 409 bus berbadan besar, dan 4.091 unit mini bus jenis L300. Jumlah armada mudik ini diperkirakan mampu menampung ribuan pemudik, baik dalam Provinsi Aceh maupun ke luar Aceh, Sumatera Utara.

Untuk bus besar, kata dia, lebih banyak beroperasi melayani penumpang dari  Banda Aceh ke kawasan pantai timur maupun sebaliknya. Sedangkan ke kawasan pantai barat, umumnya dilayani minibus seperti L300.

Single content advertisement top

Masyarakat pengguna transportasi darat, kata dia, tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan armada mudik lebaran. Organda Aceh akan menyiapkan berapa pun jumlah angkutan untuk melayani kebutuhan transportasi darat di Aceh jelang dan sesudah lebaran.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Sekarang ini jumlah angkutan umum bertambah, begitu juga perusahaan atau operator penyedia angkutan, sudah semakin banyak di Aceh,” kata dia.

Mengenai jumlah penumpang, H Ramli memperkirakan untuk mudik Idul Fitri tahun ini akan meningkat dibanding tahun lalu, terutama untuk ke kawasan pantai timur Aceh.

Masyarakat yang dulunya bepergian dengan pesawat udara, lebih memilih bus. Apalagi sekarang ini banyak bus menawarkan fasilitas mewah kepada penumpangnya.

“Peningkatan penumpang ini juga dipengaruhi pindahnya bandara di Sumatera Utara, dari Polonia di Medan ke Kuala Namu, Deli Serdang,” kata H Ramli.

Masalah kesiapan ini, sebut H Ramli, Organda Aceh akan menyampaikan dan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Telematika Aceh, Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh serta instansi terkait lainnya.

“Senin depan, kami akan duduk bersama dinas maupun instansi terkait membahas masalah ini. Kami berharap angkutan mudik di Aceh tidak mengalami kendala,” kata H Ramli. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan, Minggu 29 Juni

Pemerintah Aceh Kaji Jalur KA Krueng Geukeuh-Bener Meriah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply