2:26 am - Minggu November 19, 2017

Ombudsman RI Temukan Praktik Calo di Samsat Banda Aceh

255 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Dari hasil pemantauan dan investigasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Ombudsman RI, ditemukan adanya praktek percaloan di kantor Samsat Banda Aceh.

Wakil Ketua Ombudsman RI, Azlani Agus saat memaparkan temuan tersebut dalam sebuah seminar supervisi pelayanan publik di Kota Banda Aceh, yang dilangsungkan kemarin, Kamis (29/8).

Single content advertisement top

Dalam temuannya, Ombudsman mendapati calo, baik yang berasal dari petugas maupun orang luar yang menawarkan jasa secara terbuka dengan tarif jasa Rp100.000 hingga Rp250.000.

“Untuk pengurusan STNK juga dapat dilakukan tanpa persyaratan yang lengkap, contohnya perpanjangan STNK tidak perlu menunjukkan KTP dan STNK asli,” katanya.

Menurutnya, keberadaan calo dilingkungan Samsat sangat aneh, karena sesuai ketentuan calo tidak boleh berada dilingkungan kantor. “Kalaun ada, mereka harus berada diluar kantor,” ujarnya.

Temuan lainnya, katanya, yakni cek fisik kenderaan yang dikenakan tarif biaya sukarela tanpa kuitansi yakni kisaran Rp10 ribu sampai Rp30 ribu.

“Selain itu juga di kantor ini terdapat ruang fotocopy paadkomersil yang membebankan tarif sangat mahal, yakni Rp500 perlembar,” ungkapnya. (waspada.co.id)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

AJI Nobatkan TNI Sebagai Musuh Kebebasan Pers 2013

Mobil L-300 Seruduk Pagar Masjid

Related posts
Your comment?
Leave a Reply