Sorot

Nenek 82 Tahun Asal Kanada Raih Nobel Sastra


Stockholm–Penulis asal Kanada, Alice Munro, memenangkan Hadiah Nobel Sastra untuk cerita tentang perjuangan, cinta dan tragedi perempuan di kota kecil yang membuatnya disebut sebagai “master cerita pendek kontemporer.

“Beberapa kritikus menyebutnya Chekhov dari Kanada,” demikian Royal Swedish Academy of Sciences membandingkannya dengan penulis cerita pendek Rusia Anton Chekov dalam pernyataan resmi di lamannya pada Kamis.

Munro (82) mulai menulis cerita sejak remaja. Dia utamanya dikenal dengan cerita-cerita pendek dan telah menerbitkan banyak koleksi selama bertahun-tahun.

Karyanya antara lain “Who Do You Think You Are?” (1978), “The Moons of Jupiter” (1982), “Runaway” (2004), “The View from Castle Rock” tahun 2006 dan “Too Much Happiness” tiga tahun kemudian. Koleksi terakhirnya berjudul Dear Life yang terbit tahun 2012.

Munro dikenal sebagai pendongeng yang baik, dengan ciri kejelasan dan realisme psikologis.

“Tulisannya sering menampilkan penggambaran kejadian keseharian yang menentukan, jenis pengalaman luar biasa, yang menerangi cerita yang melingkupi dan membiarkan pertanyaan eksistensial muncul dalam kilat,”demikian pernyataan Swedish Academy.

Munro, yang mendapat hadiah delapan juta crown Swedia atau sekitar 1,25 juta dolar AS dari Komite Nobel, tinggal di Clinton, tak jauh dari rumah masa kecilnya di Ontario Barat Daya, Kanada, seperti dilansir Reuters. (Antara)

Editor: Muhajir AF


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *