12:48 pm - Senin November 20, 2017

Muzakir Manaf: Dinamika Politik Aceh Bukan Pisah dari NKRI

347 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf mengatakan, dinamika sosial politik yang terjadi dinegeri serambi mekkah yang belakangan hari ini berlangsung sama sekali tidak ada kaitannya dengan niat atau upaya Aceh ingin memisahkan diri dari NKRI.

Hal ini dikatakan Wagub saat memberikan pidato sambutan pada acara kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Moeldoko dan rombongan di Banda Aceh.

“Kalaupun kemudian ada masalah yang mengganjal hal tersebut merupakan dinamika demokrasi sehubungan dengan cara mengintprestasikan kekhususan yang dimiliki Aceh,” kata Wagub.

Single content advertisement top

Wagub menegaskan, keputusan rakyat Aceh sudah sangat bulat berada dalam payung Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jikapun muncul perdebatan terkait dengan cara pandang Qanun Nomor 3 tahun 2012 tentang bendera dan lambang Aceh hal tersebut bukanlan perdebatan politik, namun pemahaman dan cara dalam memahani kewenangan yang dimiliki oleh Aceh,” ujar Wagub.

Mualem sapaan akrab Wagub Aceh ini juga menuturkan hanya sah dan berlaku jika telah mendapatkan titik temu antara pemerintah pusat dan pemerintah Aceh.

“Karenanya kami telah  meminta kepada masyarakat untuk tidak mengibarkan bendera Aceh sebagaimana disebutkan dalam qanun tersebut,” tukas Wagub.

Menurut Wagub, polemik bendera dan lambang Aceh memang cukup banyak menyita perhatian Pemerintah Aceh dan Pemerintah Indonesia belakangan ini. Namun perlu kami jelaskan, bahwa bendera Aceh yang dimaksud hanyalah lambang yang mencerminkan identitas keistimewaan dan kekhususan Aceh sebagaimana yang dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006.

“Bendera itu sama sekali bukan simbol kedaulatan Aceh. Bagi kami, NKRI merupakan pilihan yang tegas, dan  Merah Putih adalah  bendera nasional  yang berlaku di seluruh wilayah nusantara, termasuk di Aceh” tegas Wagub. (WOL)

Editor: Khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

KPK dituding Tebang Pilih Tangani Korupsi

H-5 Lebaran, Pemudik Padati Pelabuhan Penyebrangan Merak

Related posts
Your comment?
Leave a Reply