3:11 pm - Sabtu November 22, 1113

Mukim se-Aceh Minta Dilibatkan Dalam Pembuatan RTRWA

252 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Agar pembangunan di Aceh lebih terarah, merata serta tidak terjadi banyak ketimpangan. Terutama untuk menghindari pembangunan yang tidak ramah lingkungan.

Forum Mukim se-Aceh menilai penting Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Pemerintah Aceh untuk secepatnya mengesahkan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Aceh sebagai acuan dasar melakukan pembangunan.

“Intinya RTRWA ini harus segera disahkan. Kalau bisa Desember ini, atau paling lambat Januari 2014 sudah bisa kita gunakan,” sebut salah seorang mukim dari Nagan Raya, T Usman Idris di Banda Aceh, Minggu (8/12).

Single content advertisement top

Mukin se-Aceh juga meminta kepada Pemerintah Aceh untuk menginstruksikan kepala daerah kabupaten/kota yang belum memiliki RTRW untuk bisa segera menyelesaikannya. Tentunya, Mukim berharap dalam penyusunan RTRW mesti dilibatkan secara aktif pihak mukim.

“Terwujudnya RTRWA ini semua harapan kita. Kalau memang dalam penyelesaian RTRW ini terdapat kendala atau hambatan, kami harap agar dapat diinformasikan juga kepada kami,” sebutnya.

Di sisi lain, ada kabupaten/kota yang sudah menyelesaikan rancangan tata ruangnya, namun yang sangat disesalkan oleh mukim, mereka tidak mengetahuinya.

“Saya dengar RTRW Kabupaten Aceh Barat sudah disahkan, namun kami mukim belum tahu apa hak kami, mukim tercantum atau tidak. Sekira tidak, semoga bisa dimasukkan baik itu hak darat maupun di laut,” sebut T Adian, mukim dari Aceh Barat.

Menurutnya, pemanfaatan ruang harus dibuat secara detail agar tidak terjadi tolak-tarik nantinya. “Kami mukim harus mengetahui soal tata ruang ini, jangan ketika ada masalah saja baru kami dilibatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ria Fitri dari Balai Syura Inong Aceh berharap agar RTRW Aceh harus berlandaskan nilai-nilai atau prinsip-prinsip mensejahterakan rakyat.

Juga harus ada kejelasan dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang intinya mengacu kepada fungsi, tugas dan kewenangan dari lembaga-lembaga atau pihak-pihak yang ikut terlibat dalam penataan ruang.

“Batas tentang wilayah Aceh juga harus dipertegas dengan sumber-sumbernya yang jelas,” ujar Ria. (merdeka)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Di Vonis 12 Tahun Penjara, Angelina Sondakh Depresi & Pingsan

Aktivis Anti Korupsi di Aceh Minta Koruptor Digantung

Related posts
Your comment?
Leave a Reply