3:11 pm - Sabtu November 24, 3612

MPU: Pemerintah Aceh Wajib Jalankan Sistem Ekonomi Syari’ah

178 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) memutuskan Pemerintah Aceh diminta wajib memberlakukan sistem ekonomi dan keuangan syariah kepada seluruh instansi pemerintahan, swasta dan masyarakat di provinsi itu.

“Ekonomi dan keuangan syariah telah terbukti mampu mengatasi problematika umat manusia dalam masalah keuangan. Untuk itu Pemprov Aceh wajib memberlakukan sistem tersebut,” kata Ketua Tim Perumus Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, kemarin.

Pemberlakukan sistem ekonomi dan keuangan syariah di seluruh Aceh tersebut merupakan salah satu poin dari rancangan keputusan MPU Aceh tahun 2013 tentang lokakarya ulama-umara terhadap kearifan lokal bidang Ekonomi Syariah.

Selanjutnya lokarya tersebut juga menyepakati meminta semua pihak untuk mendorong Pemerintah Aceh dan DPRA agar merumuskan dan menetapkan qanun terkait dengan operasional pelaksanaan ekonomi dan keuangan syariah secara menyeluruh di Aceh.

Single content advertisement top

“Pemerintah Aceh juga harus menempatkan dan menyalurkan anggarannya melalui bank syariah,” katanya.

Poin selanjutnya, Pemerintah Aceh juga mensyariahkan semua bentuk simpan pinjam yang berkembang di tengah-tengah masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu diantaranya PNPM Mandiri DAN Bantuan Peumakmu Gampong (BPG).

“Seluruh pengambil kebijakan di Provinsi Aceh juga perlu meningkatkan pemahaman fiqh muamalah dan ekonomi syariah secara komprehensif dan terintergratif,” katanya.

Wakil Ketua MPU tersebut juga mengatakan dinas, badan, lembaga yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan syariat Islam diharapkan menjadi lokomotif penggunaan jasa lembaga ekonomi dan bank syariah.

Kemudian lembaga pendidikan di Aceh termasuk dayah perlu memperkenalkan sistem ekonomi dan keuangan syariah pada semua jenjang pendidikan, sosialisasi sistem ekonomi dan keuangan syariah harus dioptimalkan secara rutin dan berkelanjutan.

Selanjutnya, bank dan pengelola keuangan syariah diharapkan untuk mendukung kegiatan sosial masyarakat yang bersifat Islami serta masyarakat muslim di provinsi berpenduduk di sekitar lima juta jiwa itu wajib menggunakan jasa lembaga keuangan dan bank syariah dalam kaitan dengan simpan pinjam. (antara).

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Presiden: Saya Korban Media Massa…!

Buruh di Aceh Juga Tuntut Kenaikan Upah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply