5:00 pm - Jumat September 22, 2017

‘Meugang’ dan Mudik Ramadhan Tradisi Warga Aceh

283 Viewed Redaksi 0 respond
Meugang, Tardisi Wraga Aceh (ilustrasi: dok.pikirreview)

Lhokseumawe–Jelang 1 Ramadhan 1437 H atau -2 H Ramadhan, tradisi mudik bagi masyarakat Aceh sudah menjadi event yang menggembirakan. Para pemudik sudah memadati sejumlah terminal bus, baik di terminal bus Banda Aceh maupun terminal-terminal bus di daerah kabupaten/kota yang ada.

Laporan distributor pikirreview dai beberapa daerah menyebutkan di terminal bus antar provinsi di Batoh Banda Aceh dan terminal L-300 di Leung Bata, Banda Aceh serasa padat sejak kamis lalu hingga minggu (5/6) pagi. Kondisi serupa juga terlihat di terminal bus Kota Beureunuen hingga Cunda Lhokseumawe.

Para pemudik seolah tak mau melewatkan tradisi berpuasa bersama keluarga mereka, setelah merantau beberapa tahun, meski dalam provinsi. Demikia pula dengan pemudik dari luar provinsi Aceh, juga ingin bersama keluarga besarnya ketika pas memasuki Ramadhan pertama, Senin (6/6).

Uniknya, warga Aceh tidak harus menunggu pengumuman jatuhnya  1 Ramadhan dari pemerintah, yang disampaikan sekira pukul 19.00 malam melalui televisi. Kondisi ini bisa dilihat dari kegiatan atau tradisi pasar di Aceh, yang sejak malam Sabtu (4/6) sudah menggelar ‘pesta’ pemotongan sapi atau kerbau untuk didagangkan kepada warga atau hari ‘meugang’

Single content advertisement top

Hari ‘meugang’ dalam tradisi masyarakat Aceh di gelar berturut-turut selama dua hari, Sabtu kemarin dan Minggu hari ini. Menurut pedagang tradisi ‘meugang’ sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh sejak zaman dulu.

“Ya Bang, kita sudah menjajakan daging ‘meugang’ sejak malam sabtu kemarin dan minggu, hari ini”, ujar Bukhari (37 ), salah seorang pedagang daging ‘meugang’ di pasar Kuta Blang, Bireuen, Sabtu (4/6) malam.

Kebiasaan di Aceh memang dua hari meugang, untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang jatuh Senin (6/6) besok.

“Sudah tradisi kali ya, seingat saya sejak saya kecil dulu sudah ada meugang di Aceh, ujar Bakhtiar, (50), pedagang daging meugang di pasar inpres Lhikseumawe. (ham/putra/akbar).

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Presiden Jokowi Resmikan PLTMG Arun

Prajurit TNI Bikin Kejutan di HUT Polri ke-70, Polisi Panik

Related posts
Your comment?
Leave a Reply