3:11 pm - Senin November 24, 7721

Mendagri: e-KTP Bukan untuk Difotocopy

276 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menegaskan Surat Edaran (SE) Nomor: 471.13/1826/SJ tertanggal 11 April 2013, ditujukan kepada instansi pemerintah, bukan masyarakat.

Surat tersebut dimaksudkan agar instansi pemerintah yakni para menteri/ kepala lembaga pemerintah non kementerian (LPNK)/kepala lembaga lainnya, Kapolri, Gubernur Bank Indonesia (BI)/para pimpinan bank, para gubernur, dan bupati/wali kota di seluruh Indonesia, untuk memanfaatkan e-KTP dengan menggunakan Card Reader.

Single content advertisement top

“Maksudnya supaya sesuai dengan Perpres bahwa semua instansi pemerintah menyiapkan card readernya,” katanya menjelaskan, Rabu (8/5).

Mendagri mengatakan, kalau e-KTP masih digunakan layaknya KTP lama, maka chip yang ada di dalamnya menjadi tidak berguna. Gamawan menganalogikan kartu ATM yang memiliki chip pun tidak diperbolehkan untuk difotocopy.

“Jadi itu memang bukan untuk difotocopy. Jadi untuk menguji keabsahannya itu pakai card reader. Itulah yang kita minta ke instansi pemerintah untuk menyiapkan itu,” tutur Gamawan.

Namun, Gamawan membolehkan, jika e-KTP difotocopy satu kali, dan tidak berulangkali. Fotocopy e-KTP itu yang nantinya di foto opa berkali-kali. “Jangan e-KTP-nya, rusak nanti,” katanya mengakhiri.

 

Sumber: republika.co.id

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

‘Mahar’ 4 Wanita Fathanah: Jam Rolex Hingga Tunggangan

TNI AD Siapkan Tujuh Kandidat KSAD

Related posts
Your comment?
Leave a Reply