12:16 pm - Rabu November 22, 2017

MEA, Pekerja Harus Miliki Sertifikasi Profesi

375 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (antaraphoto)

Jakarta–Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tidak hanya menuntut tersedianya tenaga kerja yang terampil, tetapi lebih dari itu tenaga kerja juga dituntut untuk lebih profesional. Oleh karena itu, tenaga kerja yang dibutuhkan oleh pasar kerja saat ini adalah tenaga kerja yang terampil dan terdidik ataupun memiliki sertifikat profesi.

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa pekerja Indonesia sudah cukup memiliki daya saing dengan negara lain. Hanya saja, dari segi pendidikan pekerja Indonesia masih tertinggal.

Single content advertisement top

“Memang relatif rendah kalau dilihat dari sudut pandang pendidikan formal. Tetapi, kalau kemampuan, kita enggak kalah,” kata Menaker di Jakarta seperti dilansir waspada online dari rilis Biro Komunikasi, hari ini.

Menaker melanjutkan, pelatihan dan sertifikasi profesi akan lebih digalakkan untuk menutupi ketertinggalan tersebut sekaligus meningkatkan daya saing pekerja Indonesia. Akses untuk mendapatkan sertifikasi profesi pun akan lebih diperbesar dan dipermudah.

“Kita perlu membuat sertifikasi itu accessable. Akses harus kita perbesar. Sertifikasi profesi ini hendaknya jangan dijadikan beban, agar menjadi perhatian di semua sektor. Sertifikasi profesi teknik misalnya, masak harus ke Jakarta. Kalau terkonsentrasi ke Jawa semua, kan gawat,” lanjutnya.

Dari sekitar 7,6 juta angkatan kerja yang menganggur, 60 persennya adalah angkatan kerja dengan pendidikan menengah ke bawah. Sehingga, tingkat pendidikan dan sertifikasi tersebut akan menjadi salah satu fokus pemerintah ke depan untuk dibenahi.

“Penduduk Indonesia rata-rata kalau enggak salah kelas 2 SMP lah, Indonesia yang paling banyak. Jadi, salah satu shortcut-nya adalah pelatihan kerja, bagaimana bisa masuk ke pasar kerja. Orang kita ini sangat baik dari segi kemampuan. Tetapi apakah kemampuan itu diakui atau tidak, itu yang akan kita selesaikan,” ujar Menaker (wol/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Harga Ikan Mahal di Lhokseumawe dan Aceh Utara

Rupiah Jatuh, Harga Pangan Terbang Tinggi

Related posts
Your comment?
Leave a Reply