4:58 pm - Selasa November 21, 2017

Masyarakat Gayo & Alas Gelar Silaturrahmi Akbar

262 Viewed Redaksi 0 respond

Takengon—Para tokoh masyarakat yang tergabung dalam forum komunikasi pembentukan provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) menggelar silaturrahmi dan musyawarah akbar di Takengon, Sabtu (04/1), yang bertempat di Hotel Linge Land, Takengon.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPD RI asal daratan tinggi Gayo, Ir. Mursyid, mantan bupati Aceh Tenggara Armen Desky, tokoh majelis adat, Mukhlis Gayo, dan puluhan masyarakat dari beberapa kabupaten pencetus provinsi ALA.

Dalam pertemuan tersebut, tokoh masyarakat Gayo dan Alas bersepakat menolak pengukuhan Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe dan Qanun Wali Nanggroe (QWN) yang telah disahkan DPR Aceh.

Dalam sambutannya, Mukhlis Gayo mengatakan, “Etnis Aceh dan Gayo berbeda, demikian dengan Majelis Adat dan hal ini diatur dalam Undang-Undang”, ujarnya.

Dia juga mengutip pribahasa Gayo, ‘si lintang Batak, si bujur Aceh’. “Pribahasa ini selalu digunakan dalam masyarakat dataran tinggi Gayo, terutama di Linge”, imbuhnya.

Single content advertisement top

Karena itu, menurutnya,  “Qanun Wali Nanggroe dan Wali Nanggroe kita tolak, karena bertentangan dengan UU RI”, tutupnya.

Sementara Mursyid, dalam sambutannya mengatakan, bahwa “pakaian yang digunakan Malik Mahmud adalah pakaian perempuan Gayo, dan para pria di wilayah Blangkejeren tidak pernah memakainya’, ujar Mursyid. Menurutnya, “dengan fakta ini berarti Malik Mahmud, tidak mengerti Gayo”, ketusnya.

Sedangkan Armen Desky, lebih fokus pada pemekaran wilayah Aceh. Tidak ada cara lain selain pemekaran ALA, karena secara admistrasi dan tehnis ALA sudah lengkap untuk mekar”, ungkap mantan Bupati Aceh Tenggara itu (el-gayo)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

BNN Bengkulu: 300 Anak Alami Kerusakan Otak Isap Lem

Aksi Pelemparan Bus Meresahkan, Organda Minta Polisi Tindak Pelaku

Related posts
Your comment?
Leave a Reply