8:09 am - Sabtu November 18, 2017

Malam ‘Meugang’ Daging Laris Manis

280 Viewed Redaksi 0 respond

Aceh Utara–Meski kemarin sudah ada ‘meugang’ pertama atau dalam istilah masyarakat Aceh disebut ‘meugang kecil atau ‘meugang’ untuk pegawai. Namun, kegiatan ‘meugang’ besar pada hari minus-1 (H-1) sambut idul fitri tetap meriah di seluruh wilayah Aceh.

Bahkan aktivitas  ‘meugang’ pada umumnya (besar) sudah dimulai, Selasa malam (06/8) ba’da sholat tarawih, siktar pukul 22.30 Wib di sejumlah pasar tradisional kecdamatan dan kabupaten/kota di negeri Serambi Mekkah itu.

Single content advertisement top

Masyarakat Aceh berduyun-duyun merapat ke pasar-pasar tradisional yang ada di wilayahnya, untuk membeli daging ‘meugang’ dalam rangka menyambut idul fitri yang jatuh pada hari Kamis (08/8) ini.

Informasi yang dihimpun PikirReview.Com, di pasar Matang Geulumpang Dua, Kuta Blang, Gandapura Kabupaten Bireuen, misalnya sangat mudah diamati, karena penjualan daging ‘meugang’  dilakukan dipinggir jalan nasional Banda Aceh-Medan.

Aktivitas serupa di wilayah Aceh Utara, seperti di pasar Krueng Mane, Kreung Geukeuh, Geudong, peunteut, Panton Labu hingga Lhoksukon sudah dilakukan kegiatan jual-beli oleh warga hingga dini hari, Rabu (07/8).

Harga daging ‘meugang’ pada malam hari ini  (H-1) lebaran berkisar antara Rp. 110 — 120 ribu rupiah. Diperkirakan pagi harinya, Rabu (07/8) akan naik.

Menurut salah seorang pedagang daging ‘meugang’ di pasar Kreung Geukeuh, Aceh Utara, Maimun (32), mengatakan, ” malam ini daging masih 110 ribu rupiah dan satu dua pedagang yang menjual 120 ribu rupiah, mungkin besok pagi akan naik lagi”, katanya.

Ahmad (40), mengatakan “kita jual malam ini Rp. 120 ribu, dan besok bisa saja naik karena masyarakat yang beli akan ramai”, ujar pedagang daging ‘meugang’ di pasar Grugok, Gandapura Kabupaten Bireuen.

Sebagian warga memilih membeli daging ‘meugang’ pada malam hari, karena meraka sambil berbelanja kebutuhan lainnya, seperti pakaian anak-anak, dan serbaneka kue lebaran.

Ibu Meutia (38), mengatakan, “sambilan beli pakaian anak-anak, kebetulan dijual daging malam ini, ya sekalian kami beli aja daging meugangnya, daging masih segar,” tutur seorang pembeli di pasar Grugok Gandapura Bieruen. (andre/sna/fhn)

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Sambut HUT RI ke-68, Gubernur Aceh Himbau Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

Ribuan Warga Banda Aceh Nonton Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1434 H

Related posts
Your comment?
Leave a Reply