5:10 pm - Selasa November 21, 2017

Mahasiswa Tolak Pancasila Dimasukkan Dalam 4 Pilar Kebangsaan

271 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa Bung Karno (KBM) melakukan aksi di Gedung MPR/DPR RI. Mereka menolak Pancasila dimasukkan dalam 4 Pilar Kebangsaan yang disosialisasikan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Seperti diberitakan Inilah.com, menurut humas KBM, Sam Sangaji, sejatinya Pancasila adalah dasar dari nilai-nilai bangsa Indonesia, bukan kemudian disejajarkan dengan NKRI, UUD dan Bhineka Tunggal Ika yang disebut sebagai pilar kebangsaan.

Sam mengatakan, Pancasila harus dipisahkan dari 3 pilar tersebut. “Kami meminta Ketua MPR, Taufiq Kiemas untuk tidak menjual Pancasila dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Pancasila adalah ideologi atau filsafat yang harus dihormati,” kata Sam di depan Gedung DPR, Senin (3/6/2013).

Single content advertisement top

Menurutnya, penggunaaan kosa kata empat pilar menimbulkan persoalan politik dan sosial. Bahkan dapat ditengarai sebagai penyimpangan anggaran dan pelanggaran hukum atas nama sosialisasi empat pilar yang menggunakan uang negara melalui APBN. “Istilah empat pilar juga hanya akan membuyarkan makna atau subtansi Pancasila itu sendiri,” tegasnya.

Sam juga mengatakan Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang harus dijalankan dalam sistem eksekutif, yudikatif, legislatif dan masyarakat.

“Kami menolak Pancasila dimasukkan dalam isitilah empat pilar kebangsaan yang diwacanakan MPR RI, jangan jadikan Pancasila sebagai alat atau proyek untuk keuntungana oknum MPR,” ujarnya.

Enam perwakilan dari KBM diterima oleh Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saefudin.(INILAH)

Editor: Khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kenaikan BBM Akan Sia-sia, Jika Tidak Ada Dana Infrastrukur

Usia Insiden Bom Poso, Sejumlah Mapolres di Sulteng Siaga

Related posts
Your comment?
Leave a Reply