8:58 am - Rabu November 22, 2017

Mahasiswa Scotlandia Buat Kursi dari Urine

422 Viewed Redaksi 0 respond
Kursi Berbahan Baku Urine (image: assets.kompas.com)

Scotlandia–Peter Trimble, seorang mahasiswa lulusan University of Edinburgh, menemukan cara menggunakan urine sebagai bahan baku membuat  furnitur. Temuan ini berhasil didapatkannya setelah mengeksplorasi kemungkinan pembuatan material terbarukan dan ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena temuan ini dimaksudkan untuk kepentingan tesis, proses yang dilakukan Peter Trimble sangat ilmiah. Peter menyelidiki kemungkinan menggunakan mikroba untuk membuat berbagai material. Dia telah menyelidiki komposisi material inovatif dan berkelanjutan dengan mengganti metode produksi tradisional.

Percobaan dan eksplorasi ini dilakukan dalam proyek tesis yang dinamai “Dupe”. Proyek tersebut memfokuskan diri pada prosedur pengecoran induksi mikrobiologi. Secara khusus, Trimble menggunakan bakteri bacillus pasterurii dalam proyek tersebut.

Single content advertisement top

Alasan digunakannya bakteri tersebut lebih karena kemampuannya mengendapkan kalsit dan memadatkan pasir, asalkan diberikan kalsium dan urea. Urea merupakan substansi utama berisi nitrogen dalam urine.

Inilah metode yang ditemukannya untuk memadatkan dan membentuk material alami ramah lingkungan, khususnya material berupa butiran-butiran seperti pasir. Aplikasinya pun bisa bermacam-macam, termasuk membuat furnitur.

Berbeda dengan beton, bahan ini tidak menghasilkan polutan sebanyak beton, bahkan tidak menghasilkan gas rumah kaca sama sekali. Sementara beton bertanggung jawab terhadaplimapersen emisi CO2 buatan manusia. Padahal, karakteristiknya mampu dibandingkan dengan struktur beton.

“Dalam dunia yang semakin khawatir dengan pertanyaan produksi energi dan kekurangan material mentah, proyek ini mengeksplorasi cara inovatif dan keberlanjutan produksi material,” ujar Trimble seperti dikutip intisari dari situs designboom.com.(int/pr)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Wow… Internet Tercepat Diuji Coba di Inggris

Gantikan Manusia, Cina Akan ‘Pekerjakan’ 28 Ribu Robot

Related posts
Your comment?
Leave a Reply