3:11 pm - Senin November 23, 4353

Mahasiswa KPM IAIN Gelar Pesantren Kilat di Meureubo

255 Viewed Redaksi 0 respond

MeulabohMahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM – Reguler) IAIN Ar-Raniry Banda Acceh bekali ilmu agama kepada ratusan siswa  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Meureubo, Meulaboh Aceh Aceh dalam program pesantren ramadhan (pesantren kilat), Sabtu 20 Juli 2013.

Pesantren kilat ini yang berlangsung selama satu minggu, sejak  senin 15 —20 Juli 2013. Pesantren ramadhan ini merupakan program pemerintah yang didanai oleh pemerintah untuk masa tertentu.

Single content advertisement top

Humas MIN Meureubo, Muhammad Jalil, S.Pd menuturkan bahwa pesantren kilat ini hanya berlangsung di bulan ramadhan untuk mengisi waktu luang siswa selama satu minggu lamanya.

“Program ini menurut kami sangat bagus untuk mengisi kekosongan selama ramadhan agar tidak terjadi kemandekan dalam berfikir,” ujarnya.

Lebih jauh, Kepala MIN Meureubo, melalui humas sekolah agama itu sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berterimakasih karena adik-adik sudah mau membantu dengan ikhlas kegiatan ini,” tutupnya dalam pertemuan terakhir bersama mahasiswa KPM.

Rahmah (23), salah seorang mahasiswa KPM  merasa senang dan tertantang dengan program-program seperti ini. “Sebelumnya saya memang sudah pernah magang, namun materi yang saya beri sejalan dengan jurusan saya, namun kali ini, saya harus menyesuaikan kebutuhan siswa akan ilmu agama,” ungkapnya.

Materi-materi yang diberi dalam kegiatan ini seperti hukum dan hikmah puasa, akhlak terpuji, mengenal malaikat dan nabi-nabi, tahfidhz do’a sehari-hari, dan lainnya.

“Alhamdulillah, sebagian besar siswa mampu menerima materi dengan baik, mereka mampu menghafal do’a, bahkan ayat dan hadits yang diberi seperti ayat pewajiban puasa ramdhan dan hadts tentang akhlak, mereka menghafalnya dengan baik, serta mampu menjelaskannya kembali”, tandas Rahma.

Koordinator Mahasiswa KPM IAIN Ar-Raniry Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Khairil Akbar, mengatakan pengajar pada pesantren kilat tersebut semuanya mahasiswa yang ditempatkan dalam Kec. Meureubo.

“Ada 25 gampong di Kecamatan Meureubo, dengan sebaran mahasiswa KPM berkisar 5—6 orang per-gampongnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, Pesantren kilat ini hanya satu dari sekian program yang dirancang oleh tiap-tiap peserta KPM di setiap gampong.

“Seperti di Ujung Tanjung yang hendak membuat asmaul husna di sepanjang jalan desa, ada juga yang berencana mengadakan kursus komputer, mengadakan les privat, dan banyak lagi program-program lainnya,” pungkasnya. (khairil)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Rusuh Kendal, 1 Tewas dan 5 Anggota FPI jadi Tersangka

Jelang Lebaran, Emas Imitasi Laris Manis di Hari ‘Pekan’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply