11:19 am - Jumat September 22, 2017

Mahasiswa Kedokteran Unimal Delegasi IFMSA Asia Pasifik 2015

274 Viewed Redaksi 0 respond
Mahasiswa PSPD UNIMAL jadi Delegasi IFMSA 2015 (foto: cimsa.or.di)

YogyakartaInternational Federation Medical Students Assosiation (IFMSA) melakukan kegiatan Sub-Regional Training (SRT) se-Asia Pasifik tahun 2015.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan negara Asia Pasifik yang pada tahun ini dilaksanakan di Yogjakarta Indonesia, yang digelar pada tanggal 3-6 Desember 2015 lalu.

Salah satu dari 20 delegasi Indonesia adalah Reka Tamara Pulungan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Prodi Kedokteran Universitas Malikussaleh Angkatan 2014.

SRT ini adalah salah satu kegiatan berskala internasional yang dilaksanakan oleh federasi mahasiswa kedokteran seluruh dunia yang berafiliasi dengan WHO dan WMA.

Dikutip dari web unimal.ac.id, kegiatan mahasiswa kedokteran sedunia itu terdiri dari pelatihan-pelatihan dan presentasi yang dilakukan oleh para peserta. Beberapa materi yang diterima oleh peserta disampaikan oleh trainer level internasional seperti: Signy ter Pelwijk dari Belanda, Fransiska Choi dari Filipina dan dr. Priska Primastuti dari WHO.

Single content advertisement top

Reka yang tercatat sebagai satu-satunya peserta yang berasal dari Aceh. Reka merupakan penggurus dari CIMSA FK Unimal. CIMSA merupakan organisasi aktivitas mahasiswa kedokteran yang berupaya untuk memberdayakan mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan kesehatan nasional.

Reka mendapat kesempatan untuk mempresentasikan tentang project CIMSA FK Unimal yang bersifat Sustainable seperti DORCE (Dokter Cilik Ceria) kepada peserta SRT 2015. Selain itu Reka, mengikuti kegiatan Training on Humman Right Trainer yaitu training yang dikhususkan untuk orang-orang yang dapat menjadi trainer dibidang Humman Right and Disaster Management.

Reka juga senang bisa menjadi Trainer di bidang Humman Right and Disaster Management, karena pada tahun lalu di Indonesia sendiri jumlahnya baru dua. Reka berharap FK Unimal dapat mengikuti semua rangkaikan kegiatan internasional yang dilaksanakan oleh IFMSA.

Reka juga berharap agar CIMSA FK Unimal dapat tetap eksis, karena prestasi CIMSA FK Unimal sendiri tidak kalah dengan yang lain. Kita pernah menjadi Top Lokal, kita pernah mendapatkan Best Project juga, dan diharapkan kita nanti bisa diakui di IFMSA. Hal ini sangat penting untuk eksistensi mahasiswa kedokteran Unimal di tingkat dunia. [*]

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dikti Cabut Anggaran Beasiswa, Para Dosen Gagal Jadi Doktor

Prodi Psikologi FK Unimal Gelar Seminar Achievement Motivation

Related posts
Your comment?
Leave a Reply