8:09 am - Sabtu November 18, 2017

Lintas Takengon-Bireuen KM 92 Desa Tawar Sedenge Longsor

258 Viewed Redaksi 0 respond

Takengon—Ruas jalan lintas Takengon—Biruen terjadi longsor sekira pukul 22.38 WIB, Rabu (27/11) malam. Peristiwa alamiah itu terjad tepatnya di KM 92 Desa Tawar Sedenge, Kecamatan Kebayakan Kab. Aceh Tengah.

Akibat longsor tersbut puluhan kendaraan yang datang dari kedua arah terhenti lebih dari 4 jam. Longsor tersebut juga  nyaris menguburkan empat rumah warga yang berada di pinggir jalan dan reruntuhan tanah hanya mengenai teras rumah waga.

Menurut warga longsor terjadi saat warga sedang beristirahat. “Longsornya sekitar jam 22.38, waktu itu, saya sedang naik kereta (red–motor) menuju Takengon dan langsung berhenti karena suara gemuruh tanah baru tau ternyata itu adalah tanah longsor”, ujar Ismuha (15) Pelajar MTsN 2 Takengon.

Single content advertisement top

Belum diketahui pasti penyebab longsor tersebut. Namun menurut warga, longsor tersebut dikarenakan hujan yang turun dalam beberapa hari lalu.

“Mungkin karena hujan dalam dua hari lalu dan sekarang sudah kering. Karena tanahnya berpasir jadi mudah jatuh, tidak kokoh” ujar Hassan (30) penduduk setempat.

Menurutnya kejadian longsor sering terjadi, terutama di musim hujan seperti saat ini. Tapi, reruntuhan tanah  tidak sebesar seperti yang terjadi sekarang.

Kejadian tersebut direspon cepat oleh pemerintah setempat dengan mengerahkan 3 buah alat berat yang datang terpisah dan beberapa truk pengangkut tanah untuk memindahkan reruntuhan tanah.

Proses pemindahan tanah juga berlansung lama dikarenakan banyak batu serta tingginya timbunan tanah. Penetralisiran jalan baru selesai pada pukul 03.08 WIB, Kamis (28/11) dini hari, agar kendaraan yang tertahan bisa melintas. Dan, dalam peristiwa alam itu tidak ada korban jiwa. (awl)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dokter Mogok, Pasien Terlantar Bisa Dipidana…!

Sekda se-Sumatera Rakor di Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply