3:11 pm - Sabtu November 25, 3848

Lhokseumawe Peringati Hari Autis Sedunia

380 Viewed Redaksi 0 respond
Lhokseumawe Peringati Hari Autis Sedunia

Sejumlah anak sekolah berkebutuhan khusu di Kota Lhokseumawe peringati Hari Autis Sedunia di taman Riyadhah. (foto: fadhli djailani/PR)

Lhokseumawe–Sejumlah lembaga peduli pendidikan dan kesehatan anak autis dikota Lhokseumawe, kemarin, Rabu (02/4) memperingati hari autis sedunia di Taman Riyadah.

Peringatan tersebut, diisi dengan beberapa aktivitas murid SDLB, seperti senam bersama anak-anak autis, lomba mewarnai, orasi hari kesadaran autis dan juga diskusi peningkatan pemahaman perawatan dan pendidikan keluarga.

Hadir sebagai pemandu diskusi peningkatan kapasitas keluarga dalam merawat dan mendidik anak autis, dr. Elly Kusmayani Sp. A., dan kegiatan tersebut berlangsung  interaktif dan meriah.

Para orang tua sangat antusias mengikuti sekaligus mendampingi buah hatinya dan mereka bersemangat bertanya seputar perkembangan anak-anak yang berkebutuhan khusus itu.

Sejumlah orang tua murid, juga berharap pada pemerintah kota (Pemkot) Lhokseumawe agar perduli dengan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus tersebut kedepannya,

Single content advertisement top

Menurut mereka, hingga saat ini Pemkot Lhokseumawe belum menyelenggarakan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus secara formal, milik peeintah. Sementara di daerah-daerah lain di Indonesia sudah ada. Termasuk di Aceh, seperti di Bireuen, Takengon dan Banda Aceh, dan sudah berkembang pesat serupa dengan pendidikan normal.

Sedangkan Pemkot Lhokseumawe belum terpikir untuk menyelenggarkan SDLB yang berstatus Negeri, bagaimana nasib anak-anak kami tanpa ada dukungan pemerintah? Ujar salah seorang wali murid, setengah bertanya kepada wartawan di sela-sela acara.

Peringatan hari autis sedunia atau hari kesadaran autis sedunia (World Autism Awareness Day) bagi aktivis atau lembaga non pemerintah, pegiat masalah-masalah sosial kemasyarakatan, seperti autisme penting diperingati, demikian dikatakan Chaidir, Direktur YPAP Lhokseumawe.

Menurutnya, “kita di Aceh untuk setiap kabupaten/kota harus memperingati hari autis ini pada setiap 2 April untuk menggugah hati dan rasa kepedulian kepada sesama untuk tetap terus menjaga hak-hak difable khususnya anak autis terpenuhi terutama tentang pendidikan dan kesehatan mereka”, ujar Chaidir.

“Tujuan khusus dari peringatan hari autis tersebut, untuk meningkatkan partisipasi pemerintah, masyarakat dalam menghilangkan diskriminasi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus”, pungkas Chaidir.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh lembaga yang peduli dengan pendidikan dan kesehatan masyarakat penyandang difable, seperti  Ikatan Riset Mahasiswa (IKARIWA), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Unimal, Yayasan Permata Aceh Peduli (YPAP), RRI Kota Lhokseumawe, dan Sekolah Luar Biasa Cinta Mandiri (SLB-CM) Lhokseumawe.

Acara tersebut diikuti oleh sejumlah anak berkebutuhan khusus dari SLB Azzura, anak-anak SLB-Cinta Mandiri, dan sejumlah PAUD dalam Kota Lhokseumawe. (fadhli)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

100 Guru Agama Tak Dibayar Sertifikasi, Guru Menilai Aneh Kemenag

Ribuan Dosen PTN Baru Tagih Janji PNS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply