10:37 pm - Senin November 20, 2017

Lebih Dari 8 Juta Anak Indonesia Kurang Gizi

299 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta—Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mencatat lebih dari 8 juta anak Indonesia mengalami kekurangan gizi. “Di dunia, prevalensi rata-rata kita masih rendah dan berada pada posisi buruk,” kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Kementerian PPN, Nina Sardjunani, di Jakarta, Selasa, 16 Juli 2013.

Menurut Nina, saat ini Indonesia masih menjadi penyumbang angka anak pendek dan kurang gizi di dunia, yang jumlah totalnya mencapai 165 juta. Anak kurang gizi dapat dilihat dari ukuran badan yang pendek dan berat badan yang rendah. Anak-anak yang kurang gizi biasanya lahir dengan berat badan di bawah 2,5 kilogram.

Kurang gizi yang dialami anak-anak di bawah 2 tahun, kata Nina, biasanya menyebabkan anak gampang sakit. Selain itu, perkembangan tubuh anak hingga dewasa tak optimal, kemampuan motorik rendah, produktivitas rendah, dan kemampuan daya saing juga rendah. “Anak yang dari lahir sudah kurang gizi sampai dewasa akan sulit bertumbuh sehat.”

Menurut Nina, kondisi anak pendek dan kurang gizi paling banyak terjadi di Nusa Tenggara Timur. Hampir separuh anak di bawah 10 tahun pendek. “Jadi NTT ini kondisinya tak baik di masa datang, sehingga harus ditolong dari sekarang,” ucapnya. (Tempo)

Editor: Muhajir

Single content advertisement top
Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

September, Seleksi CPNS Dibuka Untuk Jalur Umum

Ups, Kera Dapat Tularkan Penyakit Malaria ‘Macacca’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply