3:11 pm - Rabu November 23, 4203

Langkah Sederhana Lindungi Data Pribadi dari Peretas

336 Viewed Redaksi 0 respond

Washington–Terbukanya skandal pemantauan komunikasi telepon dan Internet di Amerika Serikat telah menimbulkan banyak pertanyaan-pertanyaan teknis, termasuk bagaimana memilah-milah tumpukan data. Ternyata pemerintah AS hanya mengumpulkan apa yang disebut “metadata.”

Metadata adalah pola-pola panggilan telepon dan pesan-pesan Internet, bukan substansi dari komunikasi-komunikasi tersebut.

Single content advertisement top

Seperti dilansir voaindonesia.com, menurut laporan-laporan yang ada, mayoritas pesan-pesan surat elektronik yang dikirim dalam periode waktu yang spesifik disadap dan metadata tersebut disimpan untuk analisis lebih jauh.

Bill Supernor, kepala teknologi pada perusahaan keamanan Internet KoolSpan, mengatakan metadata dapat menyediakan informasi berharga untuk layanan-layanan intelijen.

“Metadata merupakan istilah generik untuk menggambarkan informasi yang menggambarkan informasi. Jadi metadata sebuah surat elektronik berisi data pengirim, penerima, tanggal, ukuran pesan. Banyak surat elektronik yang melewati sejumlah protokol kantor pos atau POP. Sejumlah stasiun pengiriman surat elektronik yang berbeda dan informasi semacam itu dapat disebut metadata,” ujar Supernor.

Supernor mengatakan penyimpanan metadata memerlukan tempat yang lebih sedikit dibandingkan menyimpan seluruh isi pesan, dan jauh lebih muda untuk dijadikan indeks dan katalog. Namun kegunaannya terbatas.

Perbincangan telepon juga mengandung metadata, termasuk menara telepon mana yang digunakan, kapan panggilan dilakukan dan berakhir, serta posisi penelpon sampai ke lokasinya. Informasi-informasi tersebut dapat membantu polisi dan lembaga intelijen melacak kriminal dan teroris.

Pesan-pesan Internet juga dapat membantu peretas, yang mungkin mengejar data pribadi dan keuangan.

“Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk melindungi diri Anda adalah memilih kata kunci (password) yang acak, jadi tidak menyangkut anjing, kucing atau mobil, atau nama-nama mereka, alamat Anda, keluarga, atau hal-hal yang muncul di media sosial. Hal-hal itu merupakan senjata di tangan orang yang salah,” ujar Supernor.

Dalam hal ponsel, Supernor mengatakan supaya jangan pernah menggunakannya untuk mengirim informasi berharga seperti nomor jaminan sosial atau nomor identifikasi personal (PIN), atau nomor kartu kredit.

”SMS adalah sesuatu yang tak akan saya gunakan untuk saling bertukar informasi penting karena bukan cara yang aman,” ujarnya.

Bill Supernor mengatakan Internet bukanlah jalur komunikasi yang aman dan ia dengan keras menyarankan pengiriman pesan-pesan yang mengandung informasi sensitif melalui sandi-sandi. Hal ini terutama penting bagi perusahaan-perusahaan komersil dan organisasi-organisasi yang ingin menjamin informasi pribadi yang mereka bagi tetap aman tidak tertembus. (VOA)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Fosil Manusia Purba Kembali Ditemukan di Takengon

Ternyata, Tumbuhan Gunakan Matematika Dalam Pertumbuhannya

Related posts
Your comment?
Leave a Reply