3:11 pm - Kamis November 23, 7273

Langgar Aturan Raja, Saudi Pecat 3.500 Ulama

173 Viewed Redaksi 0 respond

Riyadh—Sebuah laporan mengungkapkan Arab Saudi telah memecat sekitar 3.500 ulama dianggap radikal sejak satu dekade lalu. Rangkuman dilansir pemerintah Amerika Serikat ini juga menyatakan program itu mengurangi gerakan Islam ekstrem di Negeri Petro Dolar itu.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Ahad (21/7), laporan dilansir Mei ini juga berupaya menghentikan penerbitan fatwa tidak jelas kadang dilontarkan oleh ulama.

Padahal sejak tiga tahun lalu Raja Abdullah bin Abdul Aziz mengeluarkan dekrit hanya anggota dewan ulama senior dan mereka telah mendapat izin dari raja bisa mengeluarkan fatwa.

Single content advertisement top

Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Tuntutan Agama (MOIA) Saudi mengawasi pemecatan ini mengatakan ulama dipecat bukan hanya karena keyakinan ekstrem namun juga pelanggaran aturan raja.

Pejabat MOIA Taufik al-Sdiri menegaskan pemecatan itu melalui langkah yang benar. Kementrian selama ini telah mempercayai para ulama berdasarkan kompetensi dan pendidikan mereka.

Selain itu MOIA juga memantau situs dan forum Internet kelompok ekstremis. Selain itu mereka juga mengawasi pelatihan pendidikan keagamaan. “Ini semua untuk mencegah doktrin ekstremis pada anak muda Saudi,” ujar al-Sdiri. (merdeka.com)

Editor: redaksi

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Bebaskan Ratusan Napi, Militan Irak Serang 2 Penjara

Militer Mesir Minta Mandat, Untuk Berantas Demonstran

Related posts
Your comment?
Leave a Reply