6:44 pm - Selasa November 21, 2017

KPU Resmi Tutup Pendaftaran Bacaleg

295 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Komisi Pemilihan Umum resmi menutup pendaftaran daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) sore tadi.

Sebanyak 12 partai politik peserta pemilu 2014 telah menyerahkan berkas DCS dengan total peserta Pemilu 6.576 orang.

Sebanyak 2.434 di antaranya adalah perempuan dan laki-laki sebanyak 4.142 orang.

Single content advertisement top

“Dari 12 partai politik tersebut, delapan partai mengajukan bacaleg (bakal calon anggota legislatif) 560 orang atau seratus persen. Sedangkan empat partai politik kurang dari 100 persen,” ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik, saat memberikan keterangan pers di kantornya petang ini.

Partai politik yang mendaftarkan bacaleg seratus persen adalah Partai Hanura, Golkar, NasDem, Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Sementara yang tidak sampai seratus persen adalah Partai Keadilan Sejahtera (492 orang), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia (512), PDI Perjuangan (540 orang), dan Partai Bulan Bintang (552 orang).

Untuk syarat ketentuan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, kata Husni, juga berhasil dipenuhi semua partai politik. Bahkan angkanya sebenarnya melampaui kisaran 30 persen.

“Tugas KPU adalah memeriksa apakah keterwakilan perempuan ini sudah mencapai persentase yang disyaratkan undang-undang berdasarkan sebaran daerah pemilihan,” lanjut Husni.

Setelah penutupan penyerahan DCS, KPU akan melakukan verifikasi berkas yang diserahkan partai pada 23 April-6 Mei 2013.

“KPU akan memverifikasi, meneliti, berkas yang diserahkan Parpol menyangkut tentang persyaratan Parpol dan persyaratan individual daftar calon yang diajukan. Setelah itu kami sampaikan mengumumkan hasilnya pada 7-8 Mei 2013,” kata dia.

Selanjutnya partai politik masih diberikan kesempatan untuk perbaikan berkas mulai 9 Mei – 22 Mei. Dalam tahapan tersebut, partai diberikan kesempatan perbaikan, penyempurnaan, perubahan atau penambahan terhadap daftar calon yang diajukan.

“Setelah itu KPU akan melalukan verifikasi tahap II mulai 23 Mei hingga 29 Mei. Penyusunan DCS dilakukan pada 30 Mei sampai 12 Juni 2013. Pengumuman DCS antara 13-17 Juni,” ujar Husni.

Sumber: wartakotalive.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ongkos Politik Tinggi, Korupsi Diperkirakan Marak

Parpol Tarik Simpati Masyarakat Lewat Isu BBM

Related posts
Your comment?
Leave a Reply