8:58 am - Rabu November 22, 2017

Komisi III DPR: Langgar HAM, Cabut PP No 99 Tahun 2012

254 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta—Komisi III DPR yang membidangi hukum mengatakan PP Nomor 99 Tahun 2012 sebagai pemicu kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara (Sumut). PP itu dianggap telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM)

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil mengatakan, lampu dan air yang mati yang disebut-sebut sebagai pemicu kericuhan itu adalah tidak benar. Menurutnya, kalau kemudian lampu mati dan air mati itu hal yang lazim di LP.

Single content advertisement top

“Karena keluarnya PP Nomor 99 tahun 2012 itu akar masalahnya,” kata Nasir,  di Jakarta, yang dilansir inilah.com, Minggu (14/7/2013) malam.

Untuk itu, Nasir mendesak agar pemerintah khususnya Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin segera mencabut PP No 99/2012 itu. Sebab, menurutnya, PP itu tidak sesuai dengan KUHP dan UUD 1945 sebagai dasar hukum di tanah air.

“Segera PP nomor 99 itu dievaluasi dan dicabut karena tidak sejalan dengan KUHP dan UUD 1945,” tegas Nasir.

Kata Nasir, beberapa pasal yang tercantum dalam PP No 99/2012 itu tidak sesuai dengan HAM. Menurutnya, jika ingin memberatkan pidana dengan mengetatkan remisi dan pembebasan bersyarat harus diterapkan dalam UU.

“Ada pasal-pasal yang menurut saya tidak sesuai dengan HAM bahkan cenderung menderitakan narapidana. Narapidana itu kan bukan penjahat mereka itu tersesat,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR I Gede Pasek Suardika juga mengatakan bahwa PP Nomor 99 tahun 2012 itu menimbulkan diskriminasi terhadap para narapidana. Sebab, spirit pemasyarakatan adalah pembinaan bagi para narapidana.

“PP nya punya semangat bagus. Tapi sosialisasi di bawah ternyata terasa menimbulkan diskriminasi. Selain itu, aturan pemidanaan dalam proses penegakan hukum seharusnya sudah selesai di peradilan,” kata Pasek, kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (13/7/2013) (INILAH)

Editor: @redaksi

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Senin, IWO Akan Laporkan Jero Wacik ke Mabes Polri

September, Seleksi CPNS Dibuka Untuk Jalur Umum

Related posts
Your comment?
Leave a Reply