3:11 pm - Rabu November 25, 3220

KIP Aceh: 42 Bacaleg DPRA Tidak Lulus Tes Baca Al-Qur’an

292 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh – Setelah digelar tes kemampuan baca Al-Qur’an selama tiga hari berturut-turut dari Sabtu hingga Senin lalu bagi bakal calon legislatif (bacaleg) DPR Aceh.

Selasa (30/04), Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengumumkan sebanyak 42 bacaleg tidak lulus uji kemampuan baca Al-Qur’an.

Single content advertisement top

Tes kemampuan baca Al-Qur’an merupakan salah satu syarat wajib bagi setiap bacaleg DPRA dan DPRK di Provinsi Aceh. Dan untuk tingkat provinsi yang mendaftar bacaleg dari 15 partai politik peserta pemilu 2014, sebanyak 1.231 orang.

Kepada wartawan di Banda Aceh, Ketua Tim Kerja (Pokja) uji kemampuan baca Al-Qur’an KIP Aceh, Tgk. Abdal Akmal mengatakan, dari 42 bacaleg yang tidak lulus mengaji itu, pada umumnya dari partai politik nasional, 39 orang. Sisanya 3 orang lagi dari partai politik lokal.

Ketika didesak wartawan 42 orang itu berasal dari partai-partai mana saja, Tgk. Abdal mengelak.
“Kami tidak bisa menyebutkan bacaleg dari partai mana saja, tapi jumlah semuanya 42 orang yang tidak lulus baca Qur’an,” tegasnya.

Selain yang tidak lulus tes baca Qur’an itu, ada 91 orang bacaleg DPRA yang tidak ikut tes kemarin, dengan berbagai alasan seperti sakit, kecelakaan, lagi umrah dan mengundurkan diri.

Pihak KIP Aceh, sebut Tgk. Abdal, “akan segera menyurati masing-masing partai politik yang bacalegnya tidak lulus mengaji dan tidak hadir saat tes berlangsung. Ya, partai politik yang bersangkutan yang memutuskan, apakah ada pergantian atau tidak,” pungkasnya. (sna)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Orang Miskin Dilarang ‘Nyaleg’

Saran Mendagri ditambah Rencong Pada Bendera Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply