3:11 pm - Kamis November 22, 7325

Kiat Menyiapkan Diri Menyambut Ramadhan

295 Viewed Redaksi 0 respond

TANPA kita sadari, Ramadhan akan segera tiba dalam hitungan hari. Untuk mempersiapkan diri sepenuh hati dalam merengkuh bulan suci ini, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Mari kita cek daftar di bawah ini guna memeriksa kesiapan kita untuk mengucapkan salam gembira itu: Ramadhan Mubarak!

1. Bayar utang puasa Anda

Anda mungkin melewatkan beberapa hari puasa tahun lalu karena menstruasi, kehamilan, menyusui, bepergian, atau sakit. Sementara masih ada beberapa hari tersisa menjelang Ramadhan, yang terbaik adalah menggunakan peluang ini untuk melunasi utang puasa Anda. Seperti yang tercantum dalam Al-Quran:

(Yaitu puasa) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Baqaraah : 184)

Single content advertisement top

2. Tetap bugar

Melakukan puasa, tarawih, sahur, dan ritual Ramadhan lainnya di luar kegiatan sehari-hari mengharuskan kita untuk tetap sehat dan bugar. Jika olahraga belum menjadi bagian dari rutinitas harian Anda, merupakan ide yang baik untuk melakukan beberapa olahraga sederhana di tengah-tengah rutinitas harian Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cobalah untuk melakukan beberapa gerakan peregangan yoga setelah salat subuh, kemudian naik-turun tangga atau berjalan cepat setelah makan siang atau di sore hari.

Selain mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas tambahan selama Ramadhan, olahraga juga memperbaiki sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh Anda, yang akan berguna untuk memerangi kantuk di siang Ramadhan.

3. Buat daftar doa

Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa doa orang yang berpuasa tidak akan ditolak. Selain itu, Ramadhan adalah bulan ketika ‘pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup’. Oleh karena itu, merupakan ide yang baik untuk bersiap diri dengan daftar doa yang ingin Anda panjatkan kapan saja selama bulan Ramadhan.

Cobalah luangkan beberapa menit dari waktu buka puasa Anda untuk membaca doa-doa tersebut, karena Nabi telah bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, “Tiga golongan yang tidak tertolak doanya: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzalimi. Doa-doa mereka diangkat Allah ke atas awan, dan gerbang-gerbang surga dibuka bagi mereka, dan Allah berfirman, ‘Demi keperkasaan-Ku, Aku akan menolongmu meskipun tidak segera.’”

4. Bersihkan meja Anda

Sebisa mungkin cobalah untuk membersihkan agenda Ramadhan Anda dari tugas-tugas yang melelahkan fisik dan mental sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi pada kegiatan ibadah. Ini mungkin berarti Anda harus bekerja lebih keras sebelum bulan penuh berkah ini, tetapi Anda akan menemukan bahwa hal ini sangat layak dilakukan, insya Allah!

5. Membuat jadwal Ramadhan

Jika situasi tidak memungkinkan untuk mengubah jadwal sehari-hari Anda untuk Ramadhan, buatlah jadwal khusus Ramadhan untuk mengatur waktu Anda lebih baik. Buatlah daftar hal-hal atau resolusi yang ingin Anda capai selama bulan Ramadhan, dan kemudian lihat di mana dan kapan Anda bisa memasukkannya ke dalam jadwal kegiatan Anda saat ini.

Tergantung pada situasi Anda, resolusi Anda bisa jadi cukup ambisius, seperti menghafal satu surat Al-Quran atau bahkan mungkin satu juz (sepertiga puluh) Al-Quran. Tetapi walaupun jadwal Anda tidak memungkinkan untuk melakukan langkah besar selama bulan Ramadhan, jangan berkecil hati.

Tuhan mengganjar kita berdasarkan niat kita dan Dia akan menerima semua amal yang kita lakukan untuk mendekat kepada-Nya – tidak peduli betapa pun tampak sepele tindakan ini di mata manusia. (Afia R Fitriati/plasa.msn.com)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Jihad Tjoet Nyak Dhien, Dari Aceh Hingga Ke Sumedang

Ramadhan, Momentum Istimewa Bekerja Lebih Baik

Related posts
Your comment?
Leave a Reply