5:05 pm - Selasa November 21, 2017

Ketua MPU Aceh: Iptek Instrumen Peyakinan Kebesaran Allah

278 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh Tgk Gazali Mohd Syam menyatakan, ilmu pengetahuan dan teknologi bukan saja dapat dipakai dalam kegiatan berdakwah tetapi juga dapat menjadi instrumen peyakinan kebesaran Allah kepada seluruh umat.

“Artinya, dalam proses peyakinan kita akan kemahabesaran dan kemahaesaan Allah SWT dengan memanfaatkan Iptek sebagai intrumen,” katanya di sela-sela membuka Nadwah/Mubahasah MPU Aceh di Aceh Besar, Minggu (28/7).

Dijelaskannya, perubahan mendasar akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain seperti terjadinya globalisasi, profesionalisasi, individualisasi, materialisasi dan sekuralisasi.

Single content advertisement top

Menurut dia, dalam menghadapi serbuan berbagai nilai keragaman hidup dan sejumlah janji-janji kenikmatan duniawi, dakwah harus mampu menjadi faktor penyeimbang, penyaring dan pemberi arah dalam hidup dan kehidupan umat.

“Sebagai faktor penyeimbang mestinya dakwah bisa membatu umat tidak hanya berkhidmat pada kehidupan duniawi yang megah tetapi tetap menyeimbangkan dengan kehidupan akhirat,” katanya.

Kemudian dakwah juga harus dapat membantu umat untuk dapat menentukan pilihan nilai yang lebih manusiawi dan Islami dalam arus perubahan yang terjadi akibat penemuan dan penerapan teknologi modern.

“Dakwah juga harus dapat membimbing umat agar memahami makna hidup yang sesungguhnya,” katanya.

Karena itu melalui Mubahasah Ilmiah MPU Aceh bertajuk Peranan Teknologi Informasi modern dalam pengembangan dakwah” akan mampu menjadi sebuah alternatif untuk pemecahan berbagai persoalan umat dan kemasyarakatan dalam era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara itu, Ketua Panitia Saifuddin Puteh mengatakan kegiatan Mubahasah ilmiah MPU Aceh itu diikuti 60 orang peserta terdiri dari Ketua MUI Wilayah Sumatera, anggota MPU Aceh, MPU Kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat.

Nadwah MPU Aceh yang berlangsung 28-29 Juli 2013 itu juga menghadirkan sejumlah pemateri diantaranya guru besar Universitas Indonesia Bakhtiar Ali, MA, Mantan Menteri Kominfo/BUMN Sofyan Djalil, MA dan Slamet Efendy Yusuf (MUI Pusat). (Antara)

Editor:  Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dermaga 5 Pelabuhan Merak Banten Ambruk

Pangdam IM Larang Bendera Bulan Bintang Berkibar 15 Agustus

Related posts
Your comment?
Leave a Reply