9:42 am - Selasa November 21, 2017

Ketua DPRA: Tingkatkan Pengawasan Pengelolaan Keuangan

303 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah mengatakan jajaran eksekutif Pemerintah Aceh agar lebih meningkatkan pengawasan dalam pengelolaan keuangan, sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

“Pengawasan keuangan Pemerintah Aceh harus ditingkatkan, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari,” katanya pada sidang paripurna istimewa DPRA dengan agenda penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Aceh 2012 di Banda Aceh, Jum’at (26/7).

Ia mengatakan, pengawasan tidak hanya dilakukan DPRA maupun secara fungsional yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tapi, pengawasan juga dilakukan secara internal.

Fungsi-fungsi pengawasan internal yang dilakukan inspektorat juga harus maksimal yang tujuannya mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan menciptakan pemerintahan yang bersih.

Hasbi menyebutkan berbagai catatan hasil pemeriksaan BPK RI hendaklah menjadi cemeti dalam mengelola keuangan, karena uang yang dikelola tersebut merupakan uang rakyat dan harus dipertanggungjawabkan.

Single content advertisement top

“Temuan-temuan hasil pemeriksaan BPK RI juga harus ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan,” ujar Hasbi yang juga politisi Partai Aceh, partai lokal di Aceh itu.

Ia menambahkan, uang yang dikelola eksekutif semuanya dilakukan untuk pembangunan yang tujuannya mewujudkan kesejahteraan rakyat. “Gubernur dan jajarannya diberi wewenang mengelola uang rakyat dengan sebaik-baiknya. Karena itu, pengelolaannya harus diawasi dan kemudian diperiksa BPK,” kata dia.

Pemeriksaan ini, lanjut dia, bukan untuk mencari kesalahan. Akan tetapi, bagaimana hasil pemeriksaan tersebut menjadi bahan perbaikan bagi Pemerintah Aceh dalam mengelola keuangan daerah.

“Kami berharap Gubernur Aceh dan jajarannya mencermati dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK. Serta memperbaikinya juga masih ada kelemahan dalam pengelolaannya di masa mendatang,” demikian Hasbi Abdullah. (ANTARA)

Editor: khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Survey: Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Berat di Dunia

PR-III Unimal Buka Pembekalan PMW 2013

Related posts
Your comment?
Leave a Reply