12:54 pm - Selasa Oktober 24, 2017

Ketakutan Berlebihan Menghadapi Ujian, Ini Penyebabnya!

549 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi testophobia (smeaker.com)

Pikirreview.Com--Pada sebagian orang, terjadi ketakutan yang berlebihan ketikan menghadapi ujian, presentasi atau mengikuti wawancara khusus pada suatu instansi/lembaga/perusahaan.

Alerginya, orang dalam menghadapi tes atau ujian banyak penyebab, seperti kurang makan, kurang tidur, disfungsi keluarga, broken home dan lain sebagainya.  Gejala yang dirasakan orang, diantaranya; mual, pusing, migren, detak jantung yang tidak normal, hingga serasa mau buang air kecil dan besar terus-terusan.

Dari sisi psikologis, terjadinya nerves pada saat ujian atau presentasi biasanya disebabkan oleh kurangnya persiapan seseorang dalam menghadi ujian, seperti belajar tidak fokus, belajar kebut semalam, sikap pesimistis akan kemampuan diri, dan lainnya.

Single content advertisement top

Terlalu takut pada ujian atau tes, menurut Phobia Source dinamakan dengan istilah testophobia.

Biasanya, orang yang dihinggapi testophobia akan mengalami serangan kepanikan luar biasa yang akhirnya menyebabkan kegagalan. Seseorang yang mengalaminya mungkin pernah gagal di masa lalu dan dihukum untuk itu.

Jika ada trauma dari segi sosial, misalnya diperolok atau dikucilkan karena gagal, akan menambah ketakutan yang dialami. Otak akan memprosesnya sebagai sebuah hal mengerikan. Ditambah genetik fobia, akan jauh lebih parah.

Intinya, semakin takut Anda, kegagalan akan terasa semakin nyata. Jika demikian halnya, bagaimana solusinya? Salah satu cara mengatasi kelebihan ketakutan adalah dengan terapi.

Phobia Source menyebutkan, harus ada terapi kognitif dan pengubahan perilaku. Konseling, hipnoterapi, psikoterapi, dan neurolinguistik juga diperlukan. Yang terpenting, harus ditanamkan pemikiran bahwa kegugupan dan kegagalan adalah normal untuk semua orang.

Perilaku yang harus diubah, kemungkinan besar kebiasaan belajar. Sistem kebut semalam akan menambah ketakutan karena ingatan bisa mendadak hilang saat menghadapi lembar ujian. (berbagai sumber)

Editor: safta diputra

 

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Riset: Minuman Energi ganggu Kerja Jantung

Trik Melenyapkan Energi Negatif di Dalam Rumah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply