10:36 pm - Senin November 20, 2017

Kepala Bappeda Aceh: Anggaran 2014 difokuskan ke Pendidikan & Kesehatan

289 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh, Abubakar Karim mengatakan alokasi anggaran 2014 akan difokuskan pada sektor pendidikan dan kesehatan yang mencapai 33 persen dari total anggaran.

Ia mengatakan di Banda Aceh, tingginya alokasi untuk sektor pendidikan maupun kesehatan karena Pemerintah Aceh mengadopsi peraturan, dimana dalam undang-undang diperintahkan alokasi anggaran pendidikan minimal 20 persen.

Kemudian, lanjut Kepala Bappeda Aceh tersebut, bidang infrastruktur, seperti pembangunan jalan dan jembatan, menempati di posisi kedua dengan alokasi anggaran mencapai 26 persen.

“Infrastruktur menjadi prioritas karena banyak ruas jalan yang harus dibangun, terutama di kawasan tengah yang menghubungkan pesisir pantai barat dan timur Provinsi Aceh,” katanya, kemarin.

Single content advertisement top

Berikutnya, sebut Abubakar Karim, kesejahteraan rakyat juga diutamakan dalam rangka pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran dengan alokasi sekitar 18 persen.

Untuk pengurangan angka kemiskinan, Pemerintah Aceh menargetkan turun dua persen per tahun, sehingga untuk periode lima tahun ke depan angka kemiskinan Aceh di bawah dua digit, kata dia.

Setelah itu, sektor ketahanan pangan dan produktivitas pertanian. Alokasinya juga sekitar 18 persen. Kemudian, reformasi birokrasi. Alokasinya sekitar dua persen, ungkap Prof Abubakar Karim.

Menyangkut pagu rancangan anggaran 2014, kata dia, eksekutif Pemerintah Aceh sudah menyerahkan kebijakan umum anggaran kepada legislatif sebesar Rp12,4 triliun.

“Kebijakan umum anggaran ini merupakan pedoman Rancangan APBA 2014. Usulan ini bisa berkurang dan bisa pula bertambah, tergantung kesepakatan dengan legislatif,” kata Abubakar.

Mengenai pengesahan anggaran 2014, Abubakar Karim merasa yakin legislatif dan eksekutif sepakat mengesahkannya tepat waktu atau tidak melewati 31 Desember 2013.

“Eksekutif dan legislatif sudah duduk bersama menjadwalkan pembahasan dan pengesahan anggaran 2014. Jika tidak ada kendala, pengesahan anggaran dilaksanakan awal atau pertengahan Desember 2013,” pungkasnya. (WOL)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hari Sumpah Pemuda, Mendikbud Harap Bahasa Indonesia Mendunia

KSR & DEMA STAIN Malikussaleh Gelar Kegiatan Donor Darah

Related posts
Your comment?
Leave a Reply