4:14 am - Selasa November 21, 2017

Kemenristekdikti Luncurkan Identitas Baru Dosen

343 Viewed Redaksi 0 respond
Kemenristekdikti, M. Nasir, Saat Meluncurkan Identitas Baru Dosen di Jakarta beberapa waktu lalu (foto:jawapos)

Jakarta–Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) ‎meluncurkan identitas baru bagi dosen di Indonesia, yaitu Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK).

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, penetapan registrasi pendidik ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dosen mengingat tenaga pendidik di tingkat perguruan tinggi  masih kurang.

Single content advertisement top

“Awalnya ini banyak rektor perguruan tinggi negeri dan swasta yang mengeluh kekurangan tenaga dosen. Setelah kami berdiskusi dengan berbagai pihak, akhirnya kita meluncurkan NIDK sebagai identitas baru dosen perguruan tinggi di Indonesia,” ujarnya saat ditemui dalam acara peluncuran registrasi tenaga dosen NIDK di Jakarta, seperti dilansir jawapos,Selasa lalu

Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, Ali Gufron Mukhti menambahkan, selama ini proses rekruitmen tenaga dosen hanya dilakukan pada formasi terbatas.

Kali ini, untuk registrasi sudah bisa multi entry. Artinya, rekruitmen dosen bisa lebih luas dari berbagai kalangan maupun jabatan.

“Jadi baik itu PNS, TNI, Polri, peneliti, praktisi, maupun profesor, bisa menjadi dosen. Ini bedanya dengan NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) ‎di mana NIDK bisa dari berbagai instansi,” katanya.

Dia menjelaskan, NIDK ini diberikan kepada dosen yang telah diangkat oleh perguruan tinggi berdasarkan perjanjian kerja dan telah memenuhi persyaratan.

Sementara untuk dosen yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan NIDN ataupun NIDK, Kemenristekdikti telah menyiapkan Nomor Urut Pendidik (NUP).‎

Untuk pendaftarannya, setiap tenaga dosen bisa melakukannya melalui admin di perguruan tinggi masing-masing. (jawapos/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

UNIMAL SCOUT CAMP 2015 Berlangsung Sukses

Menhan RI Beri Kuliah Umum di Unimal Lhokseumawe

Related posts
Your comment?
Leave a Reply