12:21 am - Selasa November 21, 2017

Kapolri Dukung Pembubaran FPI

341 Viewed Redaksi 0 respond
Aksi demo Kelompok FPI beberapa waktu lalu menentang Ahok jadi Gubernur DKI (foto: antara)

Jakarta--Kapolri Jenderal Sutarman mengapresiasi langkah Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono yang meminta ormas Front Pembela Islam (FPI) dibubarkan.

Pihak kepolisian hanya bisa mengeluarkan rekomendasi karena yang berhak menindak ormas adalah Kementerian Hukum dan HAM. Menurut Sutarman, rekomendasi dari Kapolda Metro Jaya sudah cukup mewakili Polri.

Artinya, rekomendasi tersebut juga menjadi rekomendasi Mabes Polri. Namun, mantan Kabareskrim itu mengingatkan bahwa pembubaran ormas hanya bisa dilakukan lewat keputusan pengadilan dengan mendasarkan pada UU Ormas.

Apakah FPI memang sudah layak dibubarkan? Menanggapi hal tersebut, Sutarman memilih tidak menunjuk hidung. “Kalau memang sudah menjadi masalah, setiap ada persoalan dilakukan dengan cara-cara kekerasan, anarkistis, saya kira sudah tidak layak lagi dipertahankan,” lanjut alumnus Akpol 1981 itu, seperti dilansir jpnn, kemarin.

Single content advertisement top

Sutarman menjelaskan, pada dasarnya setiap warga negara Indonesia diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Kebebasan tersebut bahkan dilindungi UU sehingga aparat keamanan juga wajib mengakomodasi jalannya aksi.

Namun, dalam UU juga diatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan warga saat menyampaikan pendapat di muka umum. Jika cara penyampaian pendapat sudah menjurus ke aksi anarkistis dan pelanggaran hukum, aparat keamanan berhak untuk menindak.

“Negara tidak boleh kalah dengan kelompok-kelompok garis keras apa pun, siapa pun,” lanjutnya (jpnn/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hah…Sekitar 5000 Anak Mendekam di Penjara

Duty Manejer Lion Air Tantang Penumpang Berantem

Related posts
Your comment?
Leave a Reply