3:11 pm - Senin November 24, 0031

Kapolda Aceh Tinjau LP Lhokseumawe Pasca Kebakaran

324 Viewed Redaksi 0 respond
Kapolda Aceh Tinjau LP Lhokseumawe

Kondis LP Lhokseumawe Pasca Kebakaran (foto: T.Achad Is/PR)

Lhokseumawe–Kapolda Aceh, Irjen Pol Herman Effendi, tadi pagi meninjau kerusakan Lapas Kelas IIA Lhokseumawe akibat kerusuhan dan kebakaran, Minggu (16/02) dini hari.

Kepada wartawan, Kapolda Aceh mengatakan akan melakukan tindakan pemulihan dan pembangunan kembali  Lapas secepatnya.

“Sebagai tindaklanjut, kita akan melakukan tindakan pemulihan keamanan. Pertama, pemulihan terhadap napi, yang sedang dan akan terus kita lakukan. Kedua, pemulihan pelayanan adminstrasi Lapas kembali agar berjalan normal”, ujar Irjen Pol. Herman Effendi, di Lhokseumawe, pagi tadi.

Dalam insiden tersebut dilaporkan, tiga narapidana terluka akibat terkena peluru karet petugas saat mengamankan kerusuhan, dan menghanguskan sebagian gedung penjara kelas IIA Lhokseumawe.

Single content advertisement top

Untuk pemulihan dan penertiban kembali LP Lhokseumawe pihak Kanwil Kemenkum dan HAM akan bekerjasama dengan Polda Aceh akan mengambil kebijakan darurat.

“Ya, kita akan mengambil kebijakan sementara bersama Kapolda untuk langkah-langkah pemulihan dan penertiban Lapas”, kata Kanwil Kemenkum dan HAM Aceh, Fathlurrachman, SH.MM.

Pihak Lapas, menurut dia, juga akan mengkaji kembali SOP dan aturan bila ada napi yang sakit. “Pengobatan napi kan ada SOP dan aturannya, apakah dapat diobati di dalam Lapas atau dirujuk ke luar Lapas”, ujar Fathlurrachman menambahkan.

Dalam insiden tersebut tidak ada napi yang kabur dari Lapas, meskipun terjadi kerusuhan dan pembakaran penjara itu. “Kami tidak ada niat lari dari LP, kami hanya menuntut perikemusiaan saja, makanya kami marah dan emosi”, ujar salah seorang napi. (pb)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dini Hari, LP Kelas IIA Lhokseumawe Ricuh & Terbakar

Tidak Lulus CPNS, Ratusan Guru Honorer K2 Demo DPRA

Related posts
Your comment?
Leave a Reply