4:11 am - Selasa November 21, 2017

Kadisdik Aceh: Tahun 2015, Aceh Akan Tingkatkan Karakter Siswa

399 Viewed Redaksi 0 respond
Kadisdik Aceh, Anas M.Adam (harianaceh.co)

Banda Aceh–Pemerintah Aceh akan meningkatkan pendidikan karakter terhadap para siswa  pada 2015 sebagai upaya mengatasi  krisis moral generasi muda di masa mendatang, kata  Kepala Dinas Pendidikan Aceh Anas M Adam.

“Alhamdulillah, memang tawuran anak sekolah tidak terjadi di Aceh. Tapi kita harus secara terus menerus mengantisipasi morosotnya moral generasi muda dan salah satunya melalui pendidikan karakter yang terus kita tingkatkan,” katanya di Banda Aceh, yang dilansir antara, kemarin.

Hal itu disampaikan disela-sela  lomba cerdas cermat tingkat SMU/sederajat  diikuti sebanyak 24 sekolah dari 23 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh. Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh bagian Topografi Kodam Iskandar Muda.

Krisis moral itu antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, kekerasan anak-anak dan remaja, pornografi, penyalahgunaan narkotika, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, dan kebiasaan menyontek.

Single content advertisement top

“Selama ini, kita pahami bahwa  krisis moral sebagian pelajar melalui tawuran dikarenakan dipicu oleh persaingan pribadi dan masalah kecil,” katanya menjelaskan.

Dijelaskan, pemerintah mengadakan berbagai cara guna menanamkan wawasan kebangsaan kepada remaja dan pemuda sehingga mereka dapat mencintai negeri ini.

“Kita juga memaklumi bahwa selama ini dikalangan pemuda kita juga sepertinya hidup bernegara itu sekedar tempat mereka berlindung ‘atau asal punya rumah’, tapi tidak pernah merawatnya.Tidak pernah memikirkan bagaimana masa depan rumahnya (negara),” katanya menambahkan.

Oleh karena itu, Anas menjelaskan pendidikan karakter adalah bahagian dari pendidikan agama dan wawasan kebangsaan. Pendidikan karakter selama ini disandarkan kepada pendidikan agama.

“Padahal pendidikan agama itu luas, sementara pendidikan karakter adalah bahagian bagaimana manusia harus bertingkahlaku dan mewujudkan dirinya dalam tatanan pergaulan,” kata dia menjelaskan.

Untuk itu, Anas menjelaskan Pemerintah Aceh mulai memperbanyak pendidikan karakter termasuk melatih guru-guru dan tutor kepada bidang pembalajaran karakter tersebut. (ant/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hadapi AFTA, Lulusan SMK Tahun 2015 Akan Disertifikasi

Mulai Tahun Ini, Ujian Nasional Tak Libatkan Lagi PTN

Related posts
Your comment?
Leave a Reply