4:33 am - Senin November 20, 2017

Jamaah Haji Shalat Magrib di Masjid Jin

372 Viewed Redaksi 0 respond

Makkah–Masjid Jin yang berlokasi di Jalan Masjid Al Haram di kawasan Mala itu dipenuhi jamaah saat shalat Maghrib tiba.

Wartawan Antara yang ikut shalat Maghrib di masjid Jin itu Senin menyaksikan jamaah haji dari berbagai negara membludak sampai ke trotoar di tepi jalan.

Barangkali mereka ingin merasakan bagaimana shalat di masjid yang dikenal sebagai Masjid Jin, yang konon di sanalah sejumlah jin memutuskan untuk masuk Islam.

Dari tampilannya, masjid tersebut tidak tampak istimewa. Hanya berupa bangunan dua lantai tidak terlalu besar. Ukurannya mungkin hanya sekitar 10×20 meter saja.

Single content advertisement top

Sebuah menara yang cukup tinggi menjadi penanda bahwa bangunan tersebut adalah masjid. Masjid itu tidak punya pelataran, kecuali trotoar yang menghubungkannya dengan lingkungan sekitar.

Masjid yang dipugar 13 tahun yang lalu (1421 Hijriah) itu, semula dibangun dengan bata merah. Namun saat ini dibalut marmer abu-abu, sebagian berwarna merah bata.

Tidak jelas kapan masjid tersebut dibangun, namun dalam beberapa tulisan disebutkan bahwa masjid itu dibangun di tempat para jin masuk Islam setelah mendengar lantunan ayat suci Al Quran yang dibaca Rasulullah Muhammad SAW.

Dikisahkan bahwa Nabi sedang membaca Al Quran pada waktu shalat subuh di tempat itu, ketika serombongan jin melintas dan terpukau.

Peristiwa itu diungkapkan di antaranya dalam Al Quran Surat Al Ahqaf ayat 29: “Dan ingatlah ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al Quran, maka tatkala mereka berkata: `Diamlah kamu (untuk mendengarkannya).` Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan.”

Sekarang, masjid tersebut ramai dikunjungi, terutama pada saat musim haji karena lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram, hanya sekitar satu kilometer saja.

Untuk mencapai Masjid Jin dari Masjidil Haram paling mudah melalui Pintu Marwah tempat berakhirnya sai, kemudian ambil jalan di sisi kiri sampai bertemu Jalan Masjid Al Haram. (ANT)

Editor:  Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Spirit Berkurban Untuk Membangun Bangsa

Ups, Piramida Giza Mampu Tutupi Wilayah Prancis

Related posts
Your comment?
Leave a Reply