5:08 pm - Selasa November 21, 2017

Iran: Intervensi Asing Terlibat di Mesir

265 Viewed Redaksi 0 respond

Teheran – Iran menilai tindakan militer Mesir yang melengserkan mantan Presiden Mohammad Morsi sebagai tindakan yang tidak dapat diterima. Menurut Iran, ada tangan asing yang terlibat dalam insiden di Mesir.

“Intervensi yang dilakukan militer dalam politik (Mesir) sangat mengganggu dan tidak dapat diterima,” ujar Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi, seperti dikutip ABNA, Selasa (9/7/2013).

Single content advertisement top

“Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ada tangan asing terlibat. Polarisasi rakyat Mesir yang terjadi saat ini sangat lah berbahaya,” lanjutnya.

Namun Araqchi tidak menjelaskan siapa pihak asing yang berada di balik kudeta itu. Tetapi Araqchi berpendapat pihak Barat dan zionis tidak ingin Mesir tumbuh kuat.

Setelah perubahan kekuasaan yang terjadi di Mesir, kelompok Ikhwanul Muslimin melakukan protes menuntut Morsi untuk kembali ke kursi presiden. Saat ini, Morsi masih ditahan oleh pihak Garda Republik.

Sekira 51 orang dilaporkan tewas di Mesir ketika melakukan protes tersebut. Sebagian besar yang tewas adalah pendukung Ikhwanul Muslimin dan kondisi tersebut memicu ketegangan baru di Mesir.

Tewasnya massa pendukung Mursi ini mendorong kelompok Islamis melakukan perlawanan melalui protes besar di Mesir. Ikhwanul Muslimin merilis 42 nama yang terbunuh dalam insiden tersebut, sementara polisi dan militer Mesir mengatakan, dua anggota mereka turut tewas.

Semenatara Presiden Mesir interim Adli Mansour yang ditunjuk militer keluarkan konstitusional untuk transisi kekuasaan. Mansour menjanjikan segera dilakukan proses pemilu pasca dilengserkan Morsi. (ABNA/Okezone)

Editor: @redaksi

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Militer Mesir Tembak Jamaah Shalat

PBB: Rohingya Kelompok Minoritas Paling Tertindas di Dunia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply