9:00 am - Rabu November 22, 2017

Investor India Bangun Pabrik Gula di Aceh

280 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh – Investor asal India yang tergabung dalam PT. Kamadhenu Ventures Indonesia berencana membangun pabrik gula di Aceh Tengah. “Bulan depan kami lakukan pembangunannya, dan diupayakan selesai dalam 10 bulan,” kata Direktur Utama PT Kamadhenu Ventures Indonesia, Naanda Kumar, dalam siaran pers yang diterima Tempo, Senin, 22 April 2013.

Pihak perusahaan sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman untuk percepatan pembangunan pabrik yang berlokasi di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Pabrik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 75 hektare, dan pembangunan akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama diperuntukkan bagi pengolahan tebu dan gula pasir, sementara tahap kedua untuk menghasilkan etanol dan pembangkit listrik yang direncanakan mempunyai daya hingga 30 megawatt.

Single content advertisement top

Menurut Naanda, tenaga listrik yang dihasilkan akan dipakai untuk kegiatan operasional pabrik sebesar 7 hingga 8 megawatt dan sisanya akan dikomersialkan. “Kami meminta agar pemerintah daerah dapat membantu pelebaran jalan ke lokasi. Sebab, akses keluar-masuk lokasi pabrik masih sempit,” katanya.

Menanggapi permintaan pihak perusahaan, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk pelebaran jalan tersebut. Berikutnya, Nasaruddin juga menekankan perlu dilakukan re-agreement terkait dengan rencana pembangunan dan kegiatan operasional pabrik, dengan poin yang lebih detail dan jelas. “Investasi ini diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat, terutama petani tebu di Aceh Tengah,” ujarnya.

Menurut Nasaruddin, tebu sebagai bahan baku pengolahan gula pasir merupakan salah satu komoditas utama Kabupaten Aceh Tengah, selain kopi arabika. Saat ini, lahan tebu Aceh Tengah memiliki luar areal 7.939 hektare, dengan luas panen mencapai 6.111 hektare, dan produksi sebanyak 48.888 ton per tahun. Produktivitasnya mencapai 8.000 kilogram per hektare.

Sumber: Tempo.co

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Di Lhokseumawe & Aceh Utara, Penjual BBM Solar Eceran Gulung Tikar

Imbas Kelangkaan Solar, Nelayan Tidak Melaut

Related posts
Your comment?
Leave a Reply