3:11 pm - Jumat November 22, 7191

Indonesia Tegaskan Tolak Pencari Suaka Australia

305 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Menko Polhukam Djoko Suyanto kembali menegaskan posisi Indonesia yang menolak pengalihan pencari suaka dari Australia ke Indonesia.

Lewat pesan pendek kepada BBC Indonesia, Djoko mengatakan bahwa baik Australia maupun Indonesia sama-sama memiliki pusat tahanan imigrasi.

Oleh karena itu, tambahnya, pencari suaka di tangan aparat Australia tetap diarahkan ke wilayah mereka bukan dikembalikan ke Indonesia.

Dia juga mempertanyakan kenapa hanya Indonesia yang menjadi mitra Australia dalam kasus ini, padahal menurut kesepakatan Jakarta Process 2013 maka negara asal pencari suaka juga dilibatkan.

Hal ini disampaikan Menko Polhukam setelah munculnya berita bahwa Australia sedang terlibat perundingan dengan Indonesia tentang kebijakan pertukaran pencari suaka.

Single content advertisement top

Dalam wawancara dengan stasiun TV ABC, penasehat Wakil Presiden Boediono, Dewi Fortuna Anwar, mengatakan Indonesia bersedia mengambil para pencari suaka tersebut jika Australia menyediakan dana pengelolaannya.

“Jika Indonesia ingin mengambil mereka, maka beban biaya harus ditanggung oleh Australia dan pada saat yang sama Australia juga mengambil jumlah yang sama yang sedang menunggu di pusat penahanan Indonesia dan untuk diproses,” tutur Dewi, yang ikut dalam rombongan Wakil Presiden Boediono yang sedang melawat ke Australia.

Sementara itu, Menteri Imigrasi Australia, Scott Morrison, membantah pembicaraan tentang pertukaran pencari suaka tersebut.

“Pemerintah Australia tidak sedang terlibat dalam pertukaran orang. Pembahasan kami adalah tentang penyelamatan penumpang di laut dan menjamin mereka dibawa ke tempat yang aman secepat mungkin,” tuturnya seperti dikutip kantor berita AFP.

Pemerintah Australia pimpinan Perdana Menteri Tony Abbott, yang terpilih pada bulan September, menyatakan akan memgambil tindakan tegas atas para pencari suaka yang tiba di Australia lewat laut.

Salah satu kebijakan adalah mengembalikan perahu pencari suaka ke perairan Indonesia. Sebagian besar pencari suaka menggunakan perairan Indonesia untuk mencapai Australia.

Selain itu juga ditunjuk komandan militer untuk memimpin operasi menangani perahu pencari suaka. (bbc indonesia)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

KPK Geledah Rumah Anas Urbaningrum

Polisi Masih Buru Perusuh di MK

Related posts
Your comment?
Leave a Reply