5:08 pm - Selasa November 21, 2017

Indonesia Juara Umum MTQ Internasional

323 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-2 Tahun 2013 ditutup secara resmi oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar.

MTQ yang berlangsung di Jakarta tanggal 11-14 September 2013 dan bertempat di Masjid Istiqlal diharapkan dapat menjadi jembatan ukhuwah Islamiyah.

Single content advertisement top

Wamenag Nasaruddin Umar dalam sambutan penutupan acara di gedung Kemenag Jalan MH Thamrin, Sabtu (14/9) malam, menilai peran MTQ sebagai salah satu sarana yang dapat menyatukan umat Islam perlu ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.

Menurut Wamenag, tradisi MTQ di Indonesia sangat unik. Seperti pelaksanaan MTQ Nasional di Maluku beberapa waktu lalu, panitia musabaqah bukan hanya yang beragama Islam, tapi juga ada dari agama lain.

“Gema MTQ dan pendidikan Al Qur’an diharapkan memberi pengaruh dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan bagi seluruh lapisan masyarakat”, ujar Wamenag.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil dalam sambutannya mengatakan, bahwa MTQInternasional ke-2 yang dibuka oleh Wakil Presiden Boediono diikuti oleh 40 peserta dari 20 negara, yaitu: Maroko, Brunei Darussalam, Pakistan, Thailand, Yordania, Afrika Selatan, Tunisia, Aljazair, Saudi Arabia, Perancis, Uni Emirat Arab, India, Malaysia, Mesir, Amerika Serikat, Kuwait, Belanda, Timor Leste, Singapura, dan Indonesia.

MTQ Internasional ini melombakan 2 cabang, yaitu: menghafal Al-Qur’an dan lomba membaca (tilawah) Al-Qur’an. MTQ Internasional ke-2 ini merupakan event kedua di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya yang disiarkan langsung ke seluruh dunia melalui video streaming. Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah MTQ Internasional pada tahun 2003.

Sesuai dengan keputusan Dewan Hakim yang dimpin oleh Dr. Syaikh Samih Assaminah, juara pertamaMTQ Internasional Ke-2 untuk cabang tilawah diraih oleh qari Ahmad Al Holdy (Maroko), juara kedua oleh Duduy Sa’dullah (Indonesia) dan ketiga oleh Muhammad bin Ali (Brunei Darussalam).

Adapun untuk cabang hifdzil (hapalan) Qur’an juara pertama diraih hafidz Indonesia Jajang Hasanuddin, juara kedua oleh Khalid Jasim Al Inaty (Kuwait) dan ketiga oleh Muhammad Mubeen (Afrika Selatan) (islampos)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Mudahnya Wanita Masuk Surga

Pakar Kesehatan: Ini Resiko Makan Minum Sambil Berdiri

Related posts
Your comment?
Leave a Reply