Nasional

Imigran Bangladesh di Aceh Mulai Dipulangkan ke Negaranya


Jakarta–Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, proses pemulangan pengungsi Bangladesh di Provinsi Aceh sudah berjalan. Motivasi pengungsi Bangladesh, lanjut Khofifah, berbeda dengan pengungsi Rohingya.

“Ada dua kelompok di sana. Kalau Bangladesh itu pencari kerja, economic migrant, solusinya repatriasi (dikembalikan ke negaranya),” tutur Khofifah, di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti dilansir merdeka.com, Senin (25/5)

Khofifah mengatakan, kementerian sudah berkoordinasi dengan International Organization for Migration (IOM) untuk memproses pemulangan para pengungsi asal Bangladesh.

“Saya rapat dengan Chief of Mission IOM, maka mulai dari kepulangan mereka dari Aceh ke Medan (untuk) transit dan tiket pemulangan akan dicover IOM,” jelas Khofifah.

Selain IOM, menurut Khofifah, tim imigrasi Menkum HAM, Kementerian Luar Negeri dan Pemerintah Bangladesh juga sudah berkoordinasi untuk mempermudah pemulangan para pengungsi Bangladesh.

“Tim imigrasi Kemenkum HAM juga ada untuk support kemudahan pemulangan mereka asal seluruh kelengkapan syarat dan dokumen perjalanan siap. Kemenlu dan IOM sudah koordinasi dengan pemerintah Bangladesh,” tutur Khofifah. (mdk/pr)

Editor: Muhajir AF


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *