3:43 pm - Jumat Agustus 18, 2017

Ilmuwan India Temukan Spesies ‘Katak Menari’

471 Viewed Redaksi 0 respond

Katak Menari (image: afp/bbc)

New Delhi–Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan 14 spesies baru ‘katak menari’ di hutan kawasan selatan India. Spesies baru ini dinamakan katak menari karena sering menendangkan kaki selama musim berkembang biak untuk menarik perhatian binatang ampibi betina ini.

Para peneliti India mengatakan sekitar 80% katak ini ditemukan di luar kawasan yang tidak dilindungi dan karena itu jumlahnya berkurang dalam 12 tahun terakhir antara lain karena habitatnya rusak.

Dengan temuan ini, jumlah spesies katak menari yang ditemukan sejauh ini menjadi 24. Penelitian itu diterbitkan di Ceylon Journal of Science.

“Seperti layaknya film Hollywood, ada rasa gembira dan juga sedih. Di satu sisi, kami menemukan katak indah ini. Namun 80% ditemukan di luar kawasan yang dilindungi dan di sejumlah tempat, seolah alam sendiri menangis,” kata ilmuwan yang memimpin penelitian Sathyabhama Das Biju dari Universitas Delhi kepada kantor berita AFP.

Single content advertisement top

Katak berukuran kecil ini dapat dengan mudah terseret arus sungai di pegunungan. Sementara musim berkembang biak hanya terjadi satu kali di saat air sungai surut, kata Biju.

“Dibandingkan katak lain, spesies ini sangat sensitif terhadap habitat sehingga perubahan apapun akan bertambah buruk.”

“Pada tahun 2006, terdapat sekitar 400 sampai 500 ekor saat musim berkembang biak. Namun setiap tahun semakin berkurang dan bahkan sangat sulit untuk menangkap 100 ekor sekalipun,” tambahnya. (BBC)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Siang Ini, Gerhana Matahari Sebagian Bisa Disaksikan di 6 Provinsi

Ini Temuan Ahli Matematika Soal Piala Dunia 2014

Related posts
Your comment?
Leave a Reply