3:11 pm - Kamis November 23, 4316

ICW: Awasi Distribusi Soal Ujian CPNS

120 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan khawatir distribusi soal untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan diwarnai praktik kecurangan.

“Catatan kami, yang paling banyak mengganggu adalah distribusi soal dari ibu kota provinsi ke kabupaten/kota. Gampang dibajak,” jelas Ade di Gedung Ombudsman Jakarta, seperti dilansir kompas.com, Selasa (10/9/2013).

Single content advertisement top

Menurutnya, sistem distribusi soal rekrutmen CPNS tidak jauh berbeda dengan soal Ujian Nasional (UN). Karena itu, tidak menutup kemungkinan ada kecurangan dalam rekrutmen CPNS ini.

“Kami ambil contoh, bertahun-tahun kami mengawasi Ujian Nasional, distribusi soal kerap menjadi celah bagi daerah untuk kemudian melakukan gerakan. Soalnya bocor duluan, dijawab ramai-ramai, dan kemungkinan besar ini bisa terjadi dalam rekrutmen CPNS,” kata Ade.

Oleh karena itu, menurut Ade, ICW dengan jaringannya di daerah akan fokus dalam pengawasan distribusi soal ini. Namun, karena terbatasnya SDM yang dimiliki, Ade berharap masyarakat setempat juga dapat ikut serta dalam proses pengawasan tersebut.

“Mudah-mudahan keterlibatan civil society bisa diperluas untuk mengawasi. Pasalnya, yang merekrut bukan hanya Kemenpan-RB dan Pemda, tapi juga rakyat sebagai pengguna birokrasi,” kata Ade.  (kompas.com)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Konflik Internal UISU Berlarut, Mendiknas Jengkel

SBY Instruksikan Kerja Ekstra Para Menterinya Lewat Twitter

Related posts
Your comment?
Leave a Reply