7:42 am - Jumat September 22, 2017

HIMAKO Unimal Gelar Pekan Ilmiah Mahasiswa

430 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi debat mahasiswa ilmu komunikasi unimal (dok: pikirreview)

Lhokseumawe–Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO), yang didukung penuh oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Malikussaleh (Unimal) dan Laboratorium Ilmu Komunikasi, menyelenggarakan rangkaian program kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang pertama disingkat dengan PIM-ILKOM I dalam rangka Ulang Tahun Program Ilmu Komunikasi yang ke 11, yang digelar sejak bulan April sampai dengan 22 Mei 2015.

Menurut Kalab Ilmu Komunikasi Unimal, Kamaruddin Hasan, M.Si, kegiatan ini sebagai refleksi sebelas tahun perjalanan Ilmu Komunikasi FISIP Unimal dalam mengembangkan, menjaga dan mengawal keilmuan.

“Sebagai program studi Ilmu Komunikasi tertua di Perguruan Tinggi Negeri di Aceh, prodi Ilmu Komunikasi Unimal tentu memilki tangungjawab besar sebagai kiblat perkembangan ilmu komunikasi  di Aceh”, tegasnya secara tertulis kepada pikirreview, Kamis (14/5)

Rangkaian Pekan lmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi ini, mengusung tema yang sedikit berat yaitu “Merajut Komunikasi dalam Upaya Membangun Kebudayaan dan Peradaban Bangsa dan Negara”.

Single content advertisement top

Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pertama tahun 2015 ini yang di buka dengan acara Bedah dan Apresiasi Film Documentary kerjasama Prodi Ilmu Komunikasi-HIMAKO dengan ADC Aceh yang berlansung pada tanggal 12 Maret 2015 di Aula Kampus tersebut, Bukit Indah.

Menurut Ketua Panitia, Iqbal, rentetan acara dalam PIM-ILKOM juga menggelar kegiatan seminar dan Panel Forum Ilmu komunikasi yang direncanakan pada hari Jum’at tanggal 22 Mei 2015 di Gor ACC Cunda dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, membedah perkembangan Ilmu Komunikasi kekinian dalam proses pembangunan kebudayaan dan peradaban.

Dilanjutkan dengan Malam Komunikasi mulai pukul 19.00 sd 23.00 WIB di Gor ACC Cunda. Malam Komunikasi sebagai malam puncak rangkaian Pekan Ilmiah, lebih bersifat malam keakraban civitas akademika dengan stakeholders. Juga diselingi dengan: pengumuman lomba, stand Up Comedy, baca puisi, pemutaran Film karya mahasiswa, pentas seni, teater, pameran foto  dan lainnya.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, juga diramu dengan berbagai penguatan keilmuan dan perlombaan, antara lain: Workshop sinematograsi dan editing Film di Laboratorium Ilmu Komunikasi.  Nonton Bareng dan Apresiasi Film hasil karya mahasiswa Ilmu Komunikasi pada tanggal 9 Mei 2015 di Aula Fisip, dengan menghadirkan apresitor dari kalangan praktisi, sineas dan akademisi.

Workshop Stand Up Comedy kerjasama Laborarorium Ilmu Komunikasi dengan Stand Up Comedy Indo Lhokseumawe, tanggal 11 Mei 2015 di Aula Fisip Kampus Bukit Indah.  Sedangkan Komunikasi Sehat di ramu dengan pertandingan Futsal dikalangan mahasiswa Komunikasi juga tim dosen.

Lomba Penulisan Opini, artikel, feature, karya ilmiah dan cerpen dengan batas pengiriman naskah pada tanggal 18 Mei 2015.  Lomba Duta Komunikasi dan Programer Radio yang berlansung di laboratorium Komunikasi pada senin tanggal 18 Mei 2015.

Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2015 diselenggarakan Lomba Debat Mahasiswa, Pidato dalam Bahasa Inggris, Baca Puisi, Stand Up Comedy,  Photografi dan Jemur Foto di Depan Prodi Ilmu Komunikasi Kampus Bukit Indah.

“Pekan Ilmiah ini, merupakan media, sarana komunikasi dan silaturahmi bagi mahasiswa, civitas akademika, alumni, media massa dan stakeholders lainnya dalam upaya secara holistik bersama-sama membangun, mengembangkan, menjaga dan mengawal perkembangan Ilmu Komunikasi”, papar Kamaruddin Hasan.

Tujuan digelarnya PIM-ILKOM Unimal ini, agar membuka peluang bagi pengembangan potensi yang ada, mempertajam wawasan dan meningkatkan karya, kreativitas dan inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Sehingga mampu mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Perguruan Tinggi dan stakeholder media massa.

Pihak panitia sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak demi kesuksesan dan kelancaran semua agenda kegiatan, pungkas Iqbal, yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO) Unimal. (rilis/kuya/iqbal)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Mahasiswa Unimal Gelar Pelatihan Ketrampilan Narapida

UKM-KSM Unimal Gelar Launching Buku ‘Intelegensia’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply